Branding Dengan Dana Minim, Memang Bisa?

0
203
Ilustrasi branding. (Unsplash/@kaledico)

Berempat.comBranding merupakan kegiatan bisnis penting yang harus dilakukan oleh sebuah merek. Tentunya, dengan branding sebuah merek dapat lebih dekat dengan konsumen. Namun, sayangnya, masih banyak pengusaha yang memandang skeptis pada kegiatan branding. Padahal, branding merupakan hal penting dilakukan.

Apalagi, di era digital saat ini kegiatan branding sendiri jadi lebih mudah untuk dilakukan. Jangkauan branding akan lebih luas dan efektif. Namun, kita tak menampik bahwa kegiatan branding bisa cukup mahal. Apalagi kalau dilakukan dengan serampangan.

Karena itu, penting bagi pengusaha untuk mengetahui bagaimana cara branding sekalipun dengan dana minim. Agar Anda bisa melakukan branding dengan dana minim, berikut beberapa trik yang bisa dilakukan.

Buat Logo yang Melekat

Mendesain logo menjadi salah satu bagian awal branding yang perlu dilakukan. Dalam membuat logo Anda tak perlu menggunakan jasa agensi yang tergolong mahal. Anda bisa membuatnya sendiri, namun ingat, logo harus memiliki filosofi dan bisa melekat dengan merek Anda.

Dengan logo yang melekat, tentu akan memudahkan tim Anda saat melakukan branding. Tentu logo merek Anda akan banyak dipasang di kartu nama, situs, hingga merchandise.

Bangun Situs Merek

Situs atau website saat ini penting untuk dimiliki oleh sebuah merek. Di awal, Anda tak perlu membangun situs perusahaan yang terlalu wah, cukup yang sederhana. Yang terpenting di situs tersebut Anda memberikan informasi yang jelas terkait merek, produk atau jasa yang ditawarkan, wilayah pemasaran, alamat dan kontak, dan sebagainya.

Situs perlu dibuat karena di era digital ini situs sudah berperan sebagai kantor visual Anda. Selain itu, keberadaan situs juga bisa membuat konsumen yakin bahwa merek atau perusahaan Anda memang benar ada, bukan fiktif. Intinya menciptakan kepercayaan.

Sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan oleh Deloitte menemukan bahwa bisnis kecil dengan kehadiran digital yang kuat bisa menghasilkan pendapatan dua kali lipat lebih banyak daripada yang tidak memilikinya.

Optimalkan Media Sosial

Bersyukurlah Anda dengan kehadiran media sosial. Pasalnya, dengan banyaknya pengguna, media sosial bisa menjadi salah satu tempat branding yang bisa Anda optimalkan tanpa perlu sepeser pun mengeluarkan uang—untuk beriklan. Setidaknya Anda cukup menggaji karyawan yang memahami cara kerja media sosial, atau cukup Anda sendiri yang mempelajari dan melakukannya.

Eksistensi, konsistensi, dan komunikatif menjadi kunci utama keberhasilan branding bagi sebuah merek melalui media sosial. Untuk itu, pastikan Anda bisa mengoptimalkan media sosial dengan baik.

Inilah tiga hal yang perlu Anda cermati dan siapkan agar bisa melakukan branding dengan dana minim. Karena branding tak harus mahal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.