Plug and Play Indonesia Pamerkan 13 Startup Binaan di Expo Day 3.0

0
614

Berempat.com – GK-Plug and Play (GK-PnP) memperkenalkan 13 startup binaan yang berasal dari dalam maupun luar negeri dalam Expo Day 3.0 bertema “Innovation Empowered by Passion” di Soehanna Hall, Energy Building, Jakarta, Selasa (16/10). Pada akselerasi batch 3 ini, GK-PnP tak hanya berfokus pada seed-stage startup, tetapi juga pada later-stage startup.

Adapun startup dalam negeri yang diakselerasi meliputi Bahasa.ai, Bildeco, Circledoo, Gradana, Halofina, Tekno, Mertani, Konsulife, dan Topkarir. Sementara untuk startup luar negeri yang berasal dari Amerika Serikat, yakni Ceres Imaging, YouSolar, dan Data Robot, serta asal Singapura, Resync.

“Alasan startup dari luar negeri kami juga akselerasi adalah untuk memberikan kesempatan bagi startup luar negeri untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan startup dalam negeri,” ungkap Managing Director GK-PnP Wesley Harjono saat konferensi pers.

Selain itu, imbuh Wesley, hal itu dimaksudkan agar startup luar dan dalam negeri dapat menjalin kolaborasi. Termasuk memberikan kesempatan kepada startup luar negeri yang ingin berkontribusi menumbuhkan perekonomian Indonesia.

Wesley pun mengklaim bahwa ketiga belas startup binaan GK-PnP telah mendapatkan dana investasi lanjutan dengan total nilai mencapai US$ 5 juta. Investasi tersebut didapatkan setelah program akselerasi selesai dan para startup menjalani kerja sama dengan berbagai pihak, baik investor, korporasi, maupun pemerintah.

Menurut Wesley, total ada 17 proyek kolaborasi yang berjalan antara ketiga belas startup binaan dengan mitra korporasi.

“Ini menunjukkan adanya perkembangan di ekosistem startup Indonesia mengingat beberapa bulan lalu total dana investasi lanjutan baru mencapai US$ 2 juta,” ungkap Wesley.

Dalam kesempatan yang sama, dilakukan penandatanganan kerja sama antara Bank Tabungan Negara (BTN) dengan tiga startup binaan GK-PnP, yakni Gradana, KYCK, dan Manpro. Kerja sama ini merupakan upaya BTN dalam mempercepat proses digitalisasi industri keuangan.

Sealin itu, dengan selesainya Acceleration GK-PnP batch 3 ini maka artinya kesempatan startup lain untuk ikut bergabung dalam program Acceleration GK-PnP batch 4 telah dibuka. Pendaftaran akan ditutup pada 6 November 2018.

Pada batch ke-4 nanti, Wesley menjelaskan bahwa GK-PnP akan lebih fokus pada 6 verticals industry seperti fintech/insurtechinternet of things/Mobility, Food, Agriculture dan Sustainbility.

Bila Anda tengah membangun startup yang dicari GK-PnP, maka segera daftar di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.