Pembangunan Sesuai Target Waktu, Istana Negara dan Hotel Nusantara IKN Siap Dioperasikan

0
186
Pembangunan Sesuai Target Waktu, Istana Negara dan Hotel Nusantara IKN Siap Dioperasikan
Sesuai Target Waktu, Pembangunan Istana dan Hotel Nusantara IKN Siap Dioperasikan (Foto: Dok. Nyoman Nuarta)
Pojok Bisnis

Pembangunan Istana Negara dan Hotel Nusantara berlangsung sesuai rencana dan siap digunakan pada peringatan upacara kemerdekaan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024, bersama Presiden Joko Widodo. Informasi ini disampaikan oleh Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono, pada Minggu (10/2/2024).

Lapangan seremonial telah dipasang di depan Istana Negara sebagai tempat upacara di IKN. Selain itu, kantor-kantor pemerintah hampir semuanya sudah selesai dan direncanakan selesai pada bulan Agustus mendatang, seperti yang diungkapkan Bambang, seperti dilansir dari ANTARA.

Bambang menambahkan bahwa akan ada titik expo yang menampilkan beberapa bangunan yang mencerminkan visi IKN pada tahun 2045. Ia berharap pengunjung dapat melihat dan merasakan bagaimana IKN akan menjadi kota dunia yang inklusif.

Jelasnya, di sana nantinya akan terdapat rumah-rumah kecil, teknologi robotik, dan suasana yang benar-benar futuristik. Tujuannya adalah agar para pengunjung dapat melihat dan merasakan bagaimana IKN akan menjadi kota dunia untuk semua.

Top Mortar gak takut hujan reels

Sosialisasi Terkait Progres Pembangunan IKN

Otorita IKN terus melakukan sosialisasi dan penyebarluasan informasi positif mengenai pembangunan IKN sebagai kota cerdas, inklusif, dan berkelanjutan.

Bambang mengakui adanya masyarakat yang masih apatis dan meragukan IKN, oleh karena itu, media sosial dan media massa diharapkan dapat memberikan informasi yang akurat mengenai fakta dan data di lapangan.

Bambang menjelaskan bahwa Otorita IKN telah melakukan kegiatan sosialisasi, seperti Nusantara Fair di Jakarta, Nusantara Goes to Campus, dan road show ke berbagai daerah sebagai upaya untuk merangkul dukungan masyarakat.

Ia menekankan bahwa Otorita IKN bekerja secara profesional sesuai amanah Undang-Undang untuk menjadikan IKN sebagai kota yang hijau, cerdas, inklusif, tangguh, dan berkelanjutan.

Dikutip dari UU Nomor 21 Tahun 2023 tentang Modifikasi terhadap UU Nomor 3 Tahun 2022 mengenai Pendirian Ibukota Negara, wilayah daratan Ibu Kota Nusantara mencakup 252.600 hektar, sementara wilayah lautnya mencapai 69.769 hektar.

Dari luas wilayah darat tersebut, hanya sekitar 22 persen atau 56.159 hektar yang akan menjadi Kawasan Inti Ibu Kota Nusantara, mencakup pusat pemerintahan, bisnis, pendidikan, dan budaya.

Sementara itu, sekitar 78 persen atau 196.500 hektar akan menjadi kawasan pengembangan ibukota Nusantara, termasuk kawasan industri, pertanian, perkebunan, dan konservasi.

Bambang juga menjelaskan bahwa pembangunan ibukota Nusantara mengusung konsep smart and forest city, yaitu kota pintar yang berkelanjutan, ramah lingkungan, dan berbasis teknologi, sebagai jawaban terhadap tantangan dan permasalahan masa depan serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan