Kualitas Streaming 69 Negara: Ceko Urutan Pertama, Indonesia ke-61

0
378

Berempat.com – Sebuah riset untuk mengetahui sejauhmana kenyamanan menonton video streaming di banyak negara telah dilakukan oleh Open Signal. Perusahaan yang bergerak di bidang teknologi ini mendapati bahwa kecepatan internet bukan menjadi satu-satunya faktor penentu kenyamanan menonton video streaming.

Pasalnya, dalam riset tersebut Open Signal menemukan bahwa negara yang memiliki internet cepat belum tentu mampu memberikan video streaming secara halus.

Open Signal melakukan risetnya pada 14 Mei-11 Agustus 2018 dengan menggunakan 87,01 miliar pengukuran dari 8 juta perangkat di 69 negara. Hasilnya, Ceko berada di urutan pertama sebagai negara dengan kualitas streaming terbaik dengan skor 68,52. Kemudian di urutan kedua ada Hungaria dengan skor 67,89, dan ketiga ada Norwegia dengan skor 67,41.

Sementara itu Indonesia hanya mampu bertengger di peringkat 61 dengan skor 45,59, berada di bawah Malaysia yang memiliki skor 46,76. Dan di urutan terbawah adalah Filipina dengan skor 34,98.

Yang menarik, pada hasil riset ini ditemukan bahwa Korea Selatan (Korsel) menjadi negara dengan kecepatan unduh tercepat berturut-turut di kisaran 45 Mbps, namun dalam hal performa atau kualitas streaming hasilnya tak terlalu bagus. Korsel hanya mampu berada di peringkat 16 dengan skor 62,78.

Menurut Open Signal, latensi menjadi unsur penting selain kecepatan unduh dalam menentukan kulitas video streaming. Pasalnya, semakin tinggi latensi maka semakin lama peranti harus menghabiskan waktu. Untuk memutar sebuah video, Open Sigal menyebut dibutuhkan kecepatan yang konsisten sehingga meskipun kecepatan unduh bisa mencapai 50 Mbps, tetapi bila hanya bertahan di waktu yang lebih singkat dari durasi video, tak akan memberikan pengalaman memuaskan.

Open Signal memang menggunakan beberapa aspek dalam menentukan pengukuran kualitas siaran video, seperti waktu pemrosesan hingga akhirnya video bisa diputar, pemutaran video hingga resolusi gambar yang ditampilkan.

Di negara yang dapat memberikan video streaming begitu mulus diketahui tak butuh waktu lama dalam memproses video sampai akhirnya tayang. Bahkan, kualitas video tetap terjaga. Sebaliknya, negara yang memiliki skor rendah diketahui menghabiskan waktu lebih lama untuk proses sebelum video bisa diputar. Dan saat video berjalan resolusi gambar yang dihasilkan rendah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.