Presiden Jokowi Resmikan Proyek Sodetan Ciliwung untuk Atasi Banjir Jakarta

0
315
Proyek Sodetan Ciliwung
Presiden Jokowi Resmikan Proyek Sodetan Ciliwung untuk Atasi Banjir Jakarta
Pojok Bisnis

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan pembangunan proyek penangkal banjir di Jakarta yang dikenal sebagai Sodetan Ciliwung, yang sempat terhenti di masa pemerintahan Gubernur Anies Baswedan (2017-2022).

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh Presiden Jokowi di lokasi Sodetan Ciliwung, yang disambut dengan hentakan musik tanjidor dan dihiasi oleh puluhan anak SD yang berdiri berjejer di sepanjang jalan, mengibarkan bendera Merah Putih mini.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan, “Proyek Sodetan Ciliwung ini telah tertunda selama bertahun-tahun. Hampir 11 tahun lamanya, dan alhamdulillah akhirnya selesai. Proyek ini akan meminimalisir risiko banjir di 6 kelurahan, sehingga daerah tersebut tidak akan mengalami banjir lagi.”

Selain meresmikan Sodetan Ciliwung dengan meresmikan pemutar tuas pintu air, Jokowi juga menandatangani prasasti sebagai tanda pembangunan infrastruktur tersebut telah rampung.

PT Mitra Mortar indonesia

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi menegaskan bahwa penanganan banjir di Jakarta harus menjadi prioritas dari hulu hingga hilir. Ia mengimbau kepada timnya untuk tidak cepat puas dengan pencapaian saat ini. Menurutnya, dengan menyelesaikan proyek seperti Bendungan Ciawi, Bendungan Sukamahi, Sodetan Ciliwung, normalisasi Ciliwung, dan Banjir Kanal Timur, baru sekitar 62 persen masalah banjir di Jakarta dapat teratasi.

Kepada pihak yang terlibat dalam proyek Sodetan Ciliwung, Jokowi menyampaikan rasa terima kasih atas upaya mereka dalam menangani banjir di Jakarta. Ia berharap Sodetan Ciliwung akan menjadi benteng yang kuat dalam melindungi Jakarta dari ancaman banjir di masa mendatang.

Sebagai catatan, proyek Sodetan tersebut pertama kali dicanangkan oleh Jokowi ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2013. Pada tahun 2015, Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, memulai pembangunan Sodetan Ciliwung sepanjang 650 meter.

Sayangnya, proyek tersebut mengalami penundaan selama masa pemerintahan Gubernur Anies Baswedan. Namun, pada tahun 2022, Jokowi menunjuk Heru Budi Hartono sebagai penjabat Gubernur DKI Jakarta dan memberikan tugas kepada Heru untuk melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan Sodetan Ciliwung.

Pada awal tahun 2023, Jokowi memberikan pujian khusus kepada Heru karena dianggap mampu mengatasi kendala pembebasan lahan yang sebelumnya menjadi hambatan. Hal ini membuat proyek Sodetan Ciliwung dapat diselesaikan dengan sukses. Jokowi bahkan mengungkapkan kekagetannya atas pendekatan yang digunakan oleh Gubernur Heru untuk menyelesaikan proyek tersebut.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan