PLN Siapkan Infrastruktur Listrik Terbaik untuk Gelaran FIBA World Cup 2023

0
2235
FIBA World Cup 2023
PLN Siapkan Infrastruktur Listrik Terbaik untuk Gelaran FIBA World Cup 2023
Pojok Bisnis

PT PLN (Persero) telah menyiapkan infrastruktur listrik tanpa gangguan untuk mendukung suksesnya turnamen Piala Dunia Bola Basket atau FIBA World Cup 2023 yang akan diselenggarakan di Indoor Multifunction Stadium (IMS) Indonesia Arena Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta pada bulan Agustus 2023 mendatang.

Sebagai persiapan menjelang turnamen, PLN akan menggelar pertandingan uji coba bertajuk Indonesia International Basketball Invitational, di mana Tim Nasional Indonesia akan berlaga dan venue IMS akan diuji coba untuk pertama kalinya.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN, menyatakan bahwa PLN akan menerapkan sistem Zero Down Time (ZDT) untuk memastikan bahwa pertandingan basket kelas dunia ini berjalan lancar tanpa gangguan listrik. Saat ini, kapasitas daya listrik venue IMS mencapai 1.385 kilo volt ampere (kVA).

Dalam rangka memaksimalkan pasokan listrik terutama selama pertandingan uji coba, PLN akan menambah daya sementara menjadi 2.700 kVA untuk gedung IMS, termasuk untuk keperluan siaran, fasilitas operasional, stan pameran, dan perangkat pertandingan lainnya.

PT Mitra Mortar indonesia

“Dalam rangka melangsungkan 20 pertandingan dalam 10 hari, sistem kelistrikan menjadi faktor kunci yang sangat vital. Oleh karena itu, PLN berkomitmen untuk menyukseskan acara turnamen ini sebaik mungkin, dimulai dari pertandingan uji coba terdekat,” kata Darmawan.

Selain itu, PLN juga telah menyediakan sistem keamanan berlapis untuk pasokan listrik selama turnamen internasional ini. PLN akan menyediakan pasokan listrik yang handal selama kegiatan FIBA World Cup 2023, dan menempatkan posko siaga serta petugas PLN di gardu-gardu yang strategis.

Peralatan pendukung seperti Unit Gardu Bergerak (UGB), Uninterruptible Power Supply (UPS), serta Distribution Control Center (DCC) mobile juga disiapkan untuk memastikan keamanan pasokan listrik secara menyeluruh selama acara tersebut.

PLN telah menyiapkan lebih dari 400 personil yang akan disebar di lokasi venue, pos posko siaga di kompleks GBK, pos Unit Pelaksana Pengatur Beban (UP2B), pos Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UITJBB), gardu induk, dan pos DCC.

Ketua Badan Tim Nasional Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi), Syailendra S. Bakrie, menyatakan bahwa ini adalah kesempatan yang luar biasa bagi para penggemar bola basket nasional untuk mendukung kedua tim nasional Indonesia. Terlebih lagi, para penggemar dapat merasakan sendiri kemegahan IMS untuk pertama kalinya dalam ajang bergengsi ini.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan