Apindo Mendukung UMKM dengan Festival Merdeka di Grand Indonesia

0
391
Festival Merdeka
Apindo Mendukung UMKM dengan Festival Merdeka di Grand Indonesia
Pojok Bisnis

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) berperan aktif dalam membantu perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia dengan menciptakan peluang bisnis melalui koneksi dengan para investor. Dalam upaya tersebut, Apindo menggelar UMKM Merdeka Festival yang berlangsung dari tanggal 28 Juli hingga 1 Agustus 2023 di Grand Indonesia.

Sebanyak 259 UMKM terpilih dari berbagai kategori berhasil mengikuti festival ini, walaupun sebelumnya ada 602 UMKM yang mendaftar.

Dari jumlah tersebut, sekitar 11% merupakan UMKM yang bergerak di bidang makanan segar, 7% di bidang minuman, 47% di bidang bahan makanan, dan 35% bergerak di bidang fashion, kriya, dan lainnya. Menariknya, dari seluruh UMKM yang berpartisipasi dalam festival, 21% di antaranya telah sukses melakukan ekspor.

Ronald, seorang perwakilan dari Apindo, menyatakan keyakinan bahwa UMKM adalah motor penggerak utama bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif, yang juga selaras dengan perubahan zaman. Dalam Festival Merdeka ini, bukan hanya berbagai produk unggulan UMKM yang ditampilkan, tetapi juga tercipta kesempatan berharga dalam bentuk business matching, yang menghubungkan investor dengan UMKM yang memiliki potensi besar. Acara ini dilangsungkan di Jakarta dan diliput pada Minggu (30/7/2023).

PT Mitra Mortar indonesia

Ketua Umum Apindo, Shinta W. Kamdani, mengungkapkan bahwa Festival APINDO UMKM Merdeka merupakan salah satu dari empat program Apindo yang bertujuan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Melalui pemberdayaan sektor UMKM dalam festival ini, diharapkan mampu mencapai pertumbuhan yang lebih inklusif, karena UMKM sendiri telah berkontribusi mencapai 61,9% dari Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap sekitar 97% tenaga kerja.

Shinta menambahkan bahwa dalam pengembangan UMKM, masih terdapat beberapa tantangan dan kendala yang perlu diatasi, seperti akses pembiayaan, strategi pemasaran, kurangnya daya saing dan keterbatasan dalam penguasaan teknologi digital dalam berbisnis, serta produktivitas usaha.

Dengan demikian, peningkatan kesempatan kerja melalui pemberdayaan ekosistem UMKM menjadi hal yang krusial dan perlu mendapatkan perhatian dari para pelaku usaha.

UMKM Merdeka Festival ini menampilkan serangkaian kegiatan menarik, seperti SME’s Talk, SME’s Lab, Tenant Presentation, ShopME, The SME Hustle, Music Performance, SME Consultant & Membership. Selain itu, juga akan diadakan acara penghargaan bagi UMKM yang telah mencatatkan prestasi dan kontribusi luar biasa dalam bisnis mereka.

Dengan adanya UMKM Merdeka Festival ini, diharapkan lebih banyak UMKM yang dapat berkembang dan berkontribusi positif bagi perekonomian Indonesia, serta menciptakan peluang bisnis yang bermanfaat bagi para investor. Semoga pemberdayaan UMKM melalui festival ini dapat terus didukung dan menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan