Aktris Senior Nani Wijaya Wafat

0
489
Aktris Senior Nani Wijaya Wafat
Pojok Bisnis

Jakarta – Aktris senior Nani Wijaya wafat di usia 81 tahun pada Kamis (16/3) dini hari di RS Fatmawati, Jakarta Selatan.

“INNALILLAHIWINAILAIHIROJIUN Telah berpulang ibunda kami tercinta dengan tenang Ibu Hj. Nani Widjaya. Di Rs Fatmawaty 16 Maret 2023 pd pukul 3.28. Mohon dimaafkan segala kesalahan yg disengaja maupun tidak disengaja” tulis anak perempuan Nani Wijaya, Cahya Kamila melalui unggahannya di Instagram, Kamis.

Cahya pun mengunggah foto sang ibunda menggunakan baju dan hijab berwarna putih. Dalam potret tersebut pun Nani Wijaya tampak tersenyum.

Nama Nani Wijaya sendiri sebelumnya dikenal sebagai salah satu dari anggota Golden Girls yakni Ida Kusumah, Connie Sutedja dan Rina Hassim. Nani lahir pada tanggal 10 November 1944 di Cirebon, Jawa Barat.

Top Mortar gak takut hujan reels

Nani Wijaya pertama kali debut di dunia akting pada tahun 1958. Ketika duduk di bangku SMP, dia diterima menjadi pemain pembantu di “Darah Tinggi” (1960). Setahun kemudian, dia diketahui mendapat peran utama dalam “Di Balik Dinding Sekolah”.

Piala Citra pertama ia dapatkan pada tahun 1978 lewat film “Yang Muda Yang Bercinta”. Kemudian, dia kembali mendapatkan Piala Citra yang kedua pada tahun 1983 melalui film “Kartini”.

Tak hanya mendapatkan Piala Citra saja. Nani Wijaya juga dianugrahi penghargaan Lifetime Achievement Award di Festival Film Bandung pada tahun 2010.

Nani Wijaya juga sempat mendapatkan nominasi di Indonesian Movie Actors Awards dan Piala Maya pada tahun 2012 dalam kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terfavorit dan Aktris Utama Terpilih.

Kemudian pada tahun 2002, nama Nani Wijaya juga berhasil membawakan peran yang membuat namanya semakin melejit melalui sinetron komedi (sitkom) “Bajaj Bajuri”. Dalam sitkom tersebut, Nani Wijaya berperan sebagai Emak Oneng.

Pada tahun 2021 dan 2022, Nani Wijaya juga menerima penghargaan Lifetime Achievement Award di Indonesian Movie Actors Awards

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan