ASC XII Bakal Berlangsung, Indonesia Diharapkan Jadi Juara Umum

0
444
Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri bersama delegasi Indonesia yang akan berkompetisi di ASEAN Skills Competition (ASC) ke-XII di Bangkok, Thailand.

Berempat.com – Indonesia bakal mengikuti kejuaraan ASEAN Skills Competition (ASC) ke-XII di Bangkok, Thailand, yang berlangsung selama 31 Agustus – 2 September 2018. ASC sendiri merupakan kompetisi dua tahunan di bidang edukasi terbesar bagi kawasan Asia Tenggara. Tujuannya adalah untuk mempromosikan perkembangan keterampilan pekerja muda dari negara ASEAN, meningkatkan daya saing negara ASEAN, dan meningkatkan persaudaraan di antara negara ASEAN.

Delegasi Indonesia sendiri memberikan catatan apik pada ajang tersebut. Indonesia pernah juara umum pada 2012, tiga kali menjadi juara kedua (2006, 2010, 2016), dan dua kali menjadi juara ketiga (2008 dan 2014).

Dua tahun lalu Indonesia berstatus sebagai juara kedua setelah berhasil mengumpulkan 13 emas, 2 perak, dan 7 perunggu. Karena itu, di tahun ini Indonesia ditargetkan mampu meraih 15 emas. Di tahun ini, Indonesia akan mengirimkan 114 delegasi untuk berkompetisi di ASC. Dari jumlah tersebut, sebanyak 44 pemuda akan berkompetisi.

“Saya ingin pada pelaksanaan tahun ini kita benar-benar bisa optimal melampaui target 15 emas. Walaupun tidak mudah saya ingin kita menjadi juara umum,” ujar Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri saat acara pelepasan 114 Delegasi Indonesia untuk ASC di Hotel Ciputra, Jakarta, Sabtu (25/8).

Adapun ke-44 pemuda Indonesia akan mengikuti 22 kejuruan dari 26 kejuruan yang dipertandingkan. 22 kejuruan tersebut di antaranya Welding, IT Software Solution for Business, Electronics, Web Design and Development, Electrical Installations, Bricklaying, Cabinet Making, Fashion Technology, Automobile Technology, Restaurant Service, Cooking, Mechatronics, Mechanical Engineering Desing-CAD, Graphic Design Technology, Refrigeration and Air Conditioning, IT Network Systems Administration, Beauty Therapy, Hair Dressing, Industrial Automation, Mobile Robotic, Joinery, dan Car Painting.

Dan agar bisa mencapai target, Hanif pun meminta agar delegasi Indonesia dapat bertanding serius dan penuh kebanggaan. Selain itu, Hanif juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu menyiapkan para delegasi terbaik untuk bisa mewakili Indonesia di ASC 2018.

“Saya ingin berterima kasih kepada para pakar, akademisi, Apindo, Kadin, perusahaan, para stakeholder yang sudah bersinergi bekerja keras bersama menyiapkan kader-kader terbaik bangsa untuk mengikuti ASC ke-12 di Bangkok,” ungkap Hanif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.