Baru 3 Minggu Saham MD Picture Kembali Kena Suspensi BEI, Ada Apa?

0
641

Berempat.com – Rumah produksi film kenamaan di Indonesia, PT MD Pictures Tbk. kembali mendapatkan suspensi dari Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (23/8). Dengan demikian perdagangan saham MD Picture ini dihentikan sementara waktu sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang diberikan, BEI melakukan penghentian sementara terhadap penjualan saham MD Picture lantaran terjadi kenaikan harga saham yang sangat signifikan. Penghentian ini merujuk kepada Surat Indonesia Stock Exchange (IDX) No: Peng-SPT-0018/BEI.WAS/08-2018 tanggal 21 Agustus 2018.

Suspensi yang dilakukan BEI ini sebetulnya adalah suspensi untuk yang kali kedua terhadap MD Picture. Sebelumnya, suspensi dilakukan pada 14 Agustus 2018. Padahal, perusahaan yang memiliki kode emiten FILM ini baru berusia 3 minggu. MD Picture diketahui melantai perdana di bursa saham Indonesia sejak 7 Agustus 2018 lalu.

Menurut Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna, pemberian suspen terhadap MD Picture merupakan bentuk perlindungan BEI terhadap investor. Pasalnya, harga saham perusahaan naik cukup tinggi jika dibandingkan harga awalnya.

“Di pasar modal, kan dibatasi dengan parameter tertentu yang tak bisa disebutkan. Jadi jangan sampai kenaikan saham menjadi tak terbatas. Karena itu jika melebihi parameter kami lakukan suspensi terlebih dahulu,” ungkap Nyoman, Kamis (23/8).

Sebagai informasi, MD Pictures menjual 1.307.770.000 lembar saham atau setara 13,75% dari modal saham Initial Public Offering (IPO). Saat sahamnya resmi dibuka, peminat saham FILM cukup banyak sehingga nilai saham pun melejit 49,52% atau naik 104 poin ke level Rp 314 dari yang semula ditawar dengan harga Rp 210 per saham.

Pada hari itu, 7 Agustus 2018 saham FILM telah ditransaksikan sebanyak 1 kali dengan volume sebanyak 101 lot dan menghasilkan nilai transaksi Rp3,17 juta. Lantas pada Selasa (21/8) nilai sahamnya telah menyentuh Rp 1.545 per saham. Naik 7 kali lipat dibanding saat awal melantai di bursa saham. Karena itu, BEI mengimbau kepada pihak yang berkepentingan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh MD Pictures Tbk .

MD Pictures sendiri merupakan perusahaan rumah produksi yang sudah berdiri sejak 2003. Berbagai film serial televisi macam Cinta Fitri sampai film layar lebar yang sukses menarik banyak penonton telah banyak dilahirkan dari rumah produksi ini, seperti Habibie dan Ainun, Rudy Habibie, Ayat-ayat Cinta 1 dan 2, Surga yang Tak Dirindukan, dan banyak lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.