Lebaran Berapa Hari lagi, Cek yuk!

0
71
Lebaran Berapa Hari lagi
Doc Bersamadakwah
Semen Instan Serbaguna

Sudah tidak terasa hampir sudah hampir sebulan kita berpuasa, bahkan suasana liburan sudah mulai terasa. Hal yang paling dinantikan umat muslim saat ini adalah lebaran berapa hari lagi. Apalagi hari ini (30/4), merupakan akhir bulan dan sudah memasuki libur cuti bersama.

Ini artinya, lebaran alias hari raya Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari lagi. Lalu kapan tepatnya lebaran akan tiba?

Muhammadiyah

Dilansir dari laman aisyiyah.or.id, penetapan hari raya Idul Fitri atau 1 Syawal sudah tertuang dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H.

Dalam maklumat itu, dijelaskan jika Muhammadiyah metode hisab hakiki wujudul hilal. Hasil metode tersebut, Muhammadiyah menetapkan jika 1 Syawal 1443 H akan jatuh pada tanggal 2 Mei 2022.

Top Mortar Semen Instan

Pemerintah

Berbeda dengan Muhammadiyah yang sudah menetapkan tanggal 1 Syawal, pemerintah melalui Kemenang akan menggelar sidang isbat terlebih dahulu dalam menentukan Idul Fitri. Sidang isbat direncanakan akan dilakukan pada besok Minggu 1 Mei 2022, setelah sebelumnya melakukan proses pengamatan hilal yang dilakukan di 99 titik lokasi di seluruh Indonesia.

“Di Indonesia, pada 29 Ramadan 1443 H yang bertepatan dengan 1 Mei 2022 tinggi hilal antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat. Artinya, secara hisab, pada hari tersebut posisi hilal awal Syawal di Indonesia telah masuk dalam kriteria baru MABIMS,” kata Kamaruddin Amin Dirjen Bimas Islam Kemenag melalui laman resmi Kemenag.

MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) mempunyai kriteria imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat. Kriteria ini merupakan pembaruan dari kriteria sebelumnya, yakni 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat yang mendapat masukan dan kritik.

Meski begitu, pengumuman penetapan tanggal 1 Syawal masih menunggu hasil sidang isbat, sehingga jika hilal tidak terlihat akan diusulkan istikmal yaitu menggenapkan bulan ramadan menjadi 30 hari.

Buka berempat.com untuk mendapatkan informasi terupdate terkait bisnis dan menarik lainnya.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan