Kemenaker: 952 Perusahaan Nihil Kecelakaan Kerja Tahun Ini

0
476
Pojok Bisnis

Berempat.com – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) kembali melangsungkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Award tahun 2018 di Jakarta, Kamis (9/8). Di salah satu kategorinya, yakni Penghargaan Kecelakaan Nihil, Kemenaker memberikan penghargaan tersebut kepada 952 perusahaan.

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri menyebut, jumlah perusahaan yang menerima penghargaan tersebut pada tahun ini naik 5,4% dibanding tahun lalu.

“Dari 901 perusahaan pada 2017 menjadi 952 perusahaan pada 2018 atau naik 5,4%. Ini menjadi indikasi jika banyak perusahaan yang mulai sadar akan penerapan K3,” ujar Sekretaris Jenderal Kemenaker Hery Sudarmanto yang mewakili Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri.

Selain Penghargaan Kecelakaan Nihin, K3 Award juga memiliki kategori lain yang meliputi Penghargaan Sistem Manajemen K3 (SMK3), Penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS (P2HIV-AIDS) di tempat kerja, Penghargaan Pembina K3, dan Penghargaan Pemeduli HIV-AIDS di tempat kerja. Total ada 5 kategori pada K3 Award 2018.

Top Mortar gak takut hujan reels

Dan untuk penghargaan SMK3 diberikan kepada 1.465perusahaan, penghargaan program P2HIV-AIDS kepada 123 perusahaan.

“Sejak awal SMK3 ditetapkan pada 1996 tercatat ada peningkatan perusahaan yang telah menerapkan SMK3. Pada 2017 tercatat ada 1.221 perusahaan mendapatkan sertifikat SMK3. Sedangkan pada tahun 2018 naik 16,65% menjadi 1.465 perusahaan,” terang Hanif.

Lebih lanjut, Hanif juga menyebut penerima penghargaan program P2HIV-AIDS mengalami peningkatan dari 102 perusahaan di 2017 menjadi 123 perusahaan pada 2018, atau naik 17%.

“Kesadaran perusahaan dalam program ini sepertinya masih harus terus ditingkatkan, mengingat peningkatan jumlah perusahaan yang mendapatkan penghargaan program P2HIV- AIDS relatif kecil,” imbuh Hanif.

Selain itu, Kemenaker juga memberikan penghargaan kepada 15 Gubernur dinobatkan sebagai pembina K3 terbaik.

Ke-15 gubernur tersebut antara lain, Gubernur Jawa Timur, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Kalimantan Timur, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Banten, Gubernur Sumatera Utara, Gubernur Riau, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Kalimantan Selatan, Gubernur Jambi, Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Kalimantan Tengah, Gubernur Nangroe Aceh Darussalam, Gubernur Bali, dan Gubernur Lampung.

Selain penghargaan terhadap perusahaan dan Gubernur, Kemenaker turut memberikan penghargaan kepada individu, yaitu 2 karyawan PT Pertamina Refinery Unit IV Cilacap sebagai pemeduli HIV – AIDS di tempat kerja.

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh peraih penghargaan K3. Semoga penghargaan ini semakin memotivasi dan menginspirasi perusahaan lain yang belum menerima penghargaan,” ujar Hanif.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.