Sektor Pariwisata Dubai Mampu Menarik 8,10 Juta Turis Dunia

0
331
Sektor pariwisata Dubai. (Dubai Tourism)

Berempat.com – Sepanjang semester I 2018, sektor pariwisata Dubai mampu menarik 8,10 juta turis dunia. Menurut keterangan resmi yang diberikan Zeno Indonesia, Jumat (10/8), Dubai’s Department of Tourism and Commerce Marketing (Dubai Tourism) menyatakan bahwa sektor pariwisata Dubai pada 2017 bernilai 109 miliar Emirat Dirham (AED) atau setara Rp 429 triliun.

Director General Dubai Tourism Yang Mulia Helal Saeed Almarri menganggap bahwa di 6 bulan pertama tahun ini Dubai berhasil mempertahankan performa yang stabil dan mendukung pertumbuhan yang kuat terhadap pasar global.

“Dengan 8,10 juta wisatawan selama semester pertama 2018 benar-benar sejalan dengan upaya kami dalam melakukan akselerasi terhadap aspirasi visioner untuk menjadi kota dengan pengunjung terbanyak di  seluruh dunia,” ujar Almarri dalam keterangan resminya.

Apa yang dicapai oleh sektor pariwisata Dubai saat ini tak terlepas dari dampak advokasi dan perluasan jaringan yang terintegrasi secara digital untuk mencerminkan masa depan dari 10X yang diperkenalkan pada tahun 2017 oleh Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Perdana Menteri UEA untuk merangkul inovasi yang ada dan memastikan Dubai tetap 10 tahun lebih maju dibandingkan kota manapun yang ada di dunia.

Dari banyaknya turis dunia yang datang ke Dubai, Eropa Barat menjadi penyumbang terbanyak dengan 21%.

Atas pencapaian kali ini, Dubai Tourism tetap berkomitmen untuk terus berinovasi dan melakukan promosi pemasaran yang sesuai, dibantu oleh analisa wawasan yang kuat dan titik temu dari ‘time and audience’ dalam membuat keputusan strategi pariwisata.

Sebelumnya, Dubai Tourism telah menyatakan keberhasilan atas kampanye #BeMyGuest yang telah memenangkan berbagai penghargaan. Bekerja sama dengan selebriti, kampanye tersebut menargetkan lebih dari 100 juta penayangan video hanya dalam 8 minggu; dan juga perjanjian strategis untuk pasar yang spesifik dengan perusahaan digital dan teknologi terkemuka dari Tiongkok untuk meningkatkan jumlah wisatawan.

Inisiatif untuk pasar dan segmen yang spesifik didukung oleh hubungan perdagangan yang kuat di dalam negeri dan diperkuat melalui konten untuk menyampaikan pesan yang konsisten, kredibel, dan relevan terhadap target pasar utama. Hal ini telah menjadi fokus dari pendekatan pemasaran terintegrasi Dubai 360 yaang terus memberikan hasil yang baik selama setengah tahun 2018.

Hal lain yang memungkinkan pertumbuhan pada masa mendatang ialah pengenalan terbaru dari visa transit, di mana pengunjung transit dibebaskan dari semua biaya masuk untuk 48 jam pertama dari masa tinggal mereka. Selain itu, terdapat perubahan peraturan visa di masa mendatang, yakni membebaskan tanggungan visa selama musim panas untuk turis berusia di bawah 18 tahun.

Selain itu, sektor pelayanan seperti wisata kapal pesiar juga akan menjadi fokus Dubai Tourism untuk berinovasi. Kemudian, dari sisi okupansi hotel di Dubai juga menjadi faktor pendukung pariwisata Dubai. Saat ini total tersebar 700 perusahaan dengan total kamar hotel mencapai 111.317 kamar pada akhir Juni 2018. Naik 7% dibandingkan tahun lalu.

Adapun dari kelas hotel, untuk bintang empat telah meningkat dari 114 hotel menjadi 138 hotel yang mewakili 25% pertumbuhan persediaan kamar. Kamar yang ditempati dari tahun ke tahun meningkat dengan total 14,97 juta dibandingkan dengan jumlah pada tahun lalu sebesar 14,53 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.