6 Kiat Sukses Usaha Agribisnis Saat Pandemi

0
81
Ilustrasi agribisnis Indonesia. (Dok. Kemenaker)

Ingin memulai usaha agrobisnis kekinian yang sukses, berikut berbagai tips dan trik yang kreatif. Selain untuk meningkatkan produksi panen, tetapi juga memaksimalkan penjualan serta aspek lainnya.

  1. Menggunakan Media Tanam Kekinian

Mencoba teknik bercocok tanam asal Jepang (kokedama) yang menggunakan lumut sebagai media tanamnya. Bentuknya yang unik membuat kokedama menarik perhatian pecinta tanaman hias. Namun selain kokedama, juga bisa menggunakam metode kekinian seperti rockwool, hidrogel, perlit, atau cocopeat.

  1. Vertikultur yang Inovatif

Vertikultur adalah salah satu metode bertanam dengan menggunakan media disusun vertikal. Biasanya, vertikultur menggunakan alat yang sederhana seperti pipa, bambu, atau kayu. Cara ini akan sangat efektif untuk lahan sempit.

Banyak macam tanaman yang bisa dipanen secara maksimal meskipun menggunakan metode vertikultur. Misalnya sayur-sayuran seperti sawi, bayam, seledri, tomat dan terong. Anda dapat merangkai sendiri tatanan vertikultur dengan bahan sederhana atau membeli langsung di toko penyedia alat-alat media tanam.

  1. Pemilihan Bidang Agribisnis yang Sesuai

Usaha agribisnis juga termasuk hewan serta organisme lain yang dapat dibudidayakan untuk dijual. Ada beberapa aspek yang berhubungan dengan agribisnis yaitu bidang teknologi pangan, farmasi, dan penyediaan energi.

Bahkan FAO (Food and Agricultural Organization), lembaga PBB yang mengatasi masalah pangan juga mengkampanyekan untuk pengembangan bidang agribisnis. dapat memilih budidaya tanaman untuk bahan pokok seperti padi, gandum atau jagung, namun bisa juga dipilih tanaman hias seperti bunga, kaktus dan bonsai.

  1. Maksimalkan Taman Secara Hidroponik

Selain vertikultur, hidroponik adalah jawaban menciptakan ide inovatif agar bisa menanam tanaman tanpa banyak membutuhkan lahan (tanah). Ada banyak tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik, mulai dari sayuran, buah-buahan hingga bunga dan bahan herbal.

  1. Kembangkan Tanaman Organik Khusus Pecinta Makanan Sehat

Pola hidup sehat saat ini menjadi perhatian masyarakat yang hidup di perkotaan. Maraknya serangan penyakit degeneratif yang diakibatkan pola hidup tidak sehat membuat banyak orang beralih mengkonsumsi beras, sayuran dan buah-buahan organik sebagai pengganti bahan pangan konvensional.

Ini adalah peluang usaha agribisnis di bidang tanaman organik yang memang sangat prospektif. Namun, sebelumnya lakukan survei dahulu tentang ketahanan tanaman organik dan bagaimana hubungannya dengan lingkungan sekitar kamu. Akan lebih baik jika mengikuti kelas pelatihan bisnis tanaman organik terlebih dahulu agar mengerti benar bagaimana cara budidayanya. Jangan lupa lakukan penelitian kecil tentang jenis tanaman apa yang paling banyak diminati konsumen.

  1. Maksimalkan Gadget untuk Komoditas Ekspor Indonesia

Media sosial merupakan sarana paling menarik bagi para konsumen, karena rata-rata orang memiliki keterbatasan waktu untuk membeli produk. Oleh karena itu, manfaatkan gadget untuk bisa mempromosikan hasil usaha agribisnis.

Berbagai cara promosi bisa dilakukan dengan membuat artikel, video tutorial, atau hal lain yang kekinian sehingga bukan hanya orang tua saja yang tertarik tetapi juga para generasi milenial. Apabila bisa mengatur gadget sebagai saran promosi, maka omzet penjualan dapat meningkat hingga ke mancanegara. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika usaha agribisnis Anda dapat menjadi komoditas ekspor di Indonesia