8 Juni, Tol Fungsional Trans-Jawa Sudah Dapat Dilintasi Pemudik

0
307

Berempat.com – Jalan tol fungsional yang berada di ruas tol Trans-Jawa dipastikan dapat digunakan oleh pemudik saat mudik Lebaran 2018. Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, jalur tol fungsional tersebut sudah bisa dilintasi pada Jumat, 8 Juni 2018 atau akhir pekan ini.

“Menteri Perhubungan sudah mengatakan hari Jumat (tol fungsional dibuka),” ungkap Basuki saat berada di tol fungsional Batang-Semarang, Selasa (5/6).

Namun, menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, waktu pembukaan tol fungsional tersebut bergeser daripada yang direncanakan sebelumnya. Mulanya, tol fungsional akan mulai dibuka pada pukul 00.00 WIB, Jumat (8/6), namun diubah menjadi pukul 06.00 WIB.

“Karena tim akan membersihkan jalan dulu disiram agar tidak berdebu,” jelas Budi.

Sebagai informasi, saat arus mudik Lebaran 2018 nanti ada sebanyak 5 jalur tol fungsional yang bisa digunakan oleh pemudik. Kelima tol tersebut ialah Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, dan Ngawi-Kertosono.

Namun, Basuki mengatakan bila sekalipun sudah dibuka dan bisa dilintasi, tetap saja ada penggunaan tol fungsional tersebut akan dipantau sesuai dengan situasi terkini. Karena itu, Basuki pun menegaskan bahwa akan ada rekayasa jalur tol fungsional yang diatur oleh Korlantas.

“Semua didelegasikan pada kakorlantas yang dilapangan. Kapan harus dibuka, ditutup, dan dipindahkan,” terang Basuki.

Kendati akan ada rekayasa jalur tol fungsional, namun Basuki tak menyatakan bahwa jalur tol fungsional akan ditutup pada malam hari karena minimnya penerangan. Artinya, ada kemungkinan tol fungsional tetap dibuka saat malam hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.