Bisnis Fesyen, April Jasmine Keluarkan Model Baru Tiap Minggu

0
7
Dok Pribadi

Sejak menikah dengan ustaz Solmed alias Sholeh Mahmud, pesinetron Pesantren Rock n Roll April Jasmin semakin dikenal. Maklum setiap Ustaz Solmed mucul di televisi, April selalu hadir mendampingi. Tak ayal, meski tak lagi main sinetron, nama April Jasmin menjadi sangat familiar di telinga publik. Sejak bersuami seorang ustaz yang banyak mendapat panggilan ceramah, April menghabiskan waktu mendampingi suami berdakwah dan mengurus rumah tangga. Tak ayal sebagai istri seorang ustaz April harus berpenampilan menutup aurat.

Di saat dirinya memutuskan berhjab, April cukup kesulitan mencari pakaian muslimah yang menutup aurat, tidak ketat dan menonjolkan anggota tubuhnya. Karena itu ia memutuskan untuk membuat pakaian muslim yang syar’i. Nyaman menggunakan pakaian buatannya sendiri, rupanya menarik banyak teman-temannya yang minta dibuatkan hijab oleh April. Karena itu, iseng-iseng ia pun menawarkan pakaian muslim buatannya lewat jejaring sosial facebook. Tanpa diduga permintaan dari masyarakat akan pakaian muslim yang ditawarkan April meledak. Sejak saat itu, ia pun meminta izin pada suaminya untuk berbisnis pakaian muslim.

Wanita kelahiran 1 April 1985 membuka butik pakaian muslim yang diberi nama April Jasmine Boutique di Thamrin City, Jakarta Selatan dua tahun lalu. April mengatakan pengalamannya yang sulit mencari pakaian muslim yang sesuai dengan syariat agama (syar’i) sejak ia memutuskan berhijab 2011 lalu.

“Aku kesulitan mendapatkan baju muslim yang pas namun dengan harga murah, karena itu aku mulai menjahitnya sendiri dan ternyata banyak yang suka dengan desain yang aku buat,” jelas April yang kerap menjadi presenter ceramah ini.

April yang tak memiliki pengalaman atau latarbelakang desain mengaku membuat pakaian muslim secara otodidak dengan melihat model busana muslim dari program fesyen di televisi juga majalah.

“Aku buat baju muslim sesuai dengan yang aku mau. Kan sulit cari pakaian muslim yang tidak ketat dan menonjolkan anggota tubuh serta menerawang, tapi tetap pas di badan dan enak dipakai juga dilihat orang. Makanya aku rancang pakaian yang sesuai dengan syariat islam,” ungkap April di butiknya.

Awal memulai usahanya, April hanya membuat lima potong baju muslim yang di upload di Facebook. “Awalnya sih iseng, eh banyak yang suka dan pesen. Dari situ aku tertarik buka butik ini di Thamrin City. Aku buat proposal ke suami, Alhamdulillah disetujui,” ungkapnya bangga.

Di butik milik April ditawarkan berbagai jenis pakaian muslim mulai dari kerudung, ciput, manset swarovski, blouse, jumpsuit, celana hingga dress dengan berbagai model mulai dari formal hingga santai. Menurut April, harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Misal saja untuk manset swarovski dijual mulai dari Rp 55 ribu, untuk baju hingga dress dijual mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 650 ribu. Sedangkan untuk kerudung, April memberikan harga mulai dari Rp 70 ribu.

“Dengan pengalaman sulitnya mencari baju yang harganya murah dengan kualitas yang baik, aku mencoba untuk memberikan jalan keluar bagi muslimah yang ingin tetap terihat menarik,” ungkapnya.

Dalam menjalankan bisnisnya, April dibantu tujuh orang penjahit dan dua orang penjaga toko. Nah, agar konsumen tidak bosan dengan desain yang dibuat, April selalu mengeluarkan desain baru setiap minggunya. Menariknya, desain baru hanya akan di produksi 80 hingga 100 potong dengan berbagai motif dan warna.

Demi untuk memperluas pasar bisnisnya, April membuka peluang kerja sama bagi calon reseller juga calon Terwaralaba (Mitra). Untuk reseller, minimal pembelian pertama sebesar Rp 2 juta dengan discount 10%. Sedangkan untuk pembelian berikutnya konsumen tetap mendapatkan discount 10% meskipun belanja kurang dari Rp 2 juta.

Sedangkan untuk kerja sama dengan konsep waralaba yang baru dibuka April lalu,  investasi yang diperlukan sebesar Rp 50 juta. Biaya ini sudah termasuk produk sebesar Rp 10 juta dengan discount hingga 30% dan brand usaha April Jasmine Boutique serta kontrak kerja sama yang berlaku selama 5 tahun. Tak hanya itu, Mitra juga bisa melakukan retur bila produk \ rusak atau tidak laku.

Bicara mengenai perizinan usaha, April mengaku sudah mengantongi izin seperti izin atas brand April Jasmine serta sudah memiliki badan usaha Perseroan Terbatas (PT). Walaupun sistem kerja sama baru dibuka beberapa bulan, namun saat ini April sudah memiliki 2 orang Mitra yang terletak di kawasan Bekasi dan Ciledug serta cabang di Kebon Jeruk, Jakarta Pusat.

Promosi yang dilakukan April beragam, mulai dari membuka toko offline hingga memanfaatkan berbagai media sosial yang ada seperti twitter, facebook, bbm, hingga fanpage. Selain itu, di setiap akhir bulan, April selalu memberikan discount sebesar 50% untuk semua produknya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.