Miliarder Dunia! 3 Orang Terkaya di Dunia: Para Pemimpin Bisnis dengan Pengaruh Luar Biasa

0
353
Miliarder Dunia
Miliarder Dunia! 3 Orang Terkaya di Dunia: Para Pemimpin Bisnis dengan Pengaruh Luar Biasa
Pojok Bisnis

Miliarder adalah salah satu individu paling berpengaruh di seluruh dunia. Mereka memiliki peranan besar dalam perekonomian global dan memiliki dampak yang signifikan dalam berbagai aspek, termasuk politik internasional, media, filantropi, dan inovasi ilmiah.

Banyak dari mereka telah sukses mendirikan perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan puluhan bahkan ratusan ribu orang di berbagai belahan dunia. Mereka adalah kekuatan di balik merek-merek terkenal seperti Microsoft, Amazon, Tesla, Google, dan Nike.

Penting untuk dicatat bahwa mayoritas kekayaan mereka diperoleh melalui usaha dan kerja keras mereka sendiri, bukan dari warisan keluarga. Meskipun ada yang memulai dengan keuntungan dari bisnis keluarga, seperti Rupert Murdoch dan Mukesh Ambani, mereka terus berkembang dan memperluas kekayaan mereka di berbagai industri.

Forbes telah memantau kekayaan miliarder sejak 1987 dan setiap tahunnya, mereka merilis daftar miliarder dunia. Saat ini, daftar tersebut mencakup 2.640 individu yang terus diperbarui secara berkala. Pada sebagian besar tahun 2023, Bernard Arnault dari Prancis memegang gelar orang terkaya di dunia, menurut Forbes. Namun, situasi berubah pada 8 Juni 2023, ketika CEO Tesla, Elon Musk, berhasil merebut kembali posisi puncak dengan kekayaan hampir USD 238 miliar.

PT Mitra Mortar indonesia

Hingga 1 September 2023, Musk masih mempertahankan gelar orang terkaya di dunia, posisi yang telah dikuasainya sepanjang tahun 2022.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang orang-orang terkaya di dunia saat ini dan harta mereka, mari kita lihat daftar terbaru versi Forbes per 1 September 2023.

  1. Jeff Bezos

Jeff Bezos pensiun sebagai CEO Amazon pada Juli 2021, tetapi tetap menjadi ketua perusahaan tersebut. Pada bulan yang sama, dia bahkan meluncurkan diri ke luar angkasa menggunakan roket buatan perusahaannya, Blue Origin, yang ia dirikan dengan miliaran dolar. Antara 1 Agustus dan 1 September 2023, kekayaannya meningkat lebih dari USD 4 miliar.

Bezos pertama kali melampaui Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia pada Juli 2017. Kedua tokoh ini sering bertukar posisi sebagai orang terkaya nomor satu dan dua. Bezos menduduki peringkat teratas dalam daftar Miliarder Dunia Forbes dari 2018 hingga 2021, lalu turun ke posisi kedua pada tahun 2022. Namun, dia berhasil kembali ke peringkat ketiga pada 25 Januari 2023 setelah kekayaan Gautam Adani dari India, yang sebelumnya berada di posisi ketiga, mengalami penurunan.

  1. Bernard Arnault

Bernard Arnault adalah CEO dan ketua LVMH, perusahaan barang mewah terbesar di dunia yang mengelola sekitar 70 merek fashion dan kosmetik terkenal, termasuk Louis Vuitton, Christian Dior, Moet & Chandon, dan Sephora. Pada Januari 2021, LVMH bahkan berhasil mengakuisisi Tiffany & Co. dengan nilai USD 15,8 miliar.

Arnault menduduki peringkat teratas dalam daftar orang terkaya di dunia sebagian besar tahun 2023, meskipun pada 8 Juni 2023, dia turun ke posisi kedua. Menurut perkiraan Forbes, pada 1 September 2023, Arnault memiliki kekayaan USD 17,6 miliar lebih sedikit dari sebulan sebelumnya, karena penurunan harga saham LVMH sebesar 5,7 persen.

  1. Elon Musk

Elon Musk adalah CEO Tesla, perusahaan mobil listrik terkemuka, serta CEO SpaceX dan perusahaan media sosial X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter). Dia memiliki 23 persen saham Tesla, yang merupakan sumber utama kekayaannya, meskipun sebagian sahamnya telah dijaminkan sebagai jaminan pinjaman. Saham Tesla telah naik hampir 140 persen sejak awal tahun 2023, yang menghasilkan peningkatan kekayaan Musk.

Musk juga menciptakan sensasi dengan membeli perusahaan media sosial X dengan harga USD 44 miliar pada Oktober 2022 dan sekarang memiliki sekitar 74 persen saham perusahaan tersebut, yang nilainya kini kurang dari setengah dari harga yang dia bayarkan.

Dari Afrika Selatan, Musk pindah ke Kanada sebelum ulang tahun ke-18. Dia melakukan berbagai pekerjaan sebelum akhirnya mendaftar di Queen’s University di Ontario dan kemudian melanjutkan studi di University of Pennsylvania, di mana dia memperoleh gelar sarjana ekonomi.

Elon Musk berhasil meraih gelar orang terkaya di dunia pada 8 Juni 2023 dan hingga 1 September, dia masih memegang posisi tersebut. Kesuksesan saham Tesla yang terus meningkat telah mendorong kekayaannya semakin tinggi. Musk juga berhasil mempertahankan gelar orang terkaya di dunia sepanjang tahun 2022, kecuali pada Desember 2022 ketika harga saham Tesla turun.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan