Alfamart Sepakat Untuk Investasi dan Kemitraan Usaha Ritel di IKN

0
414
Alfamart di IKN
Alfamart Menandatangani Kesepakatan Investasi dan Kemitraan Usaha Ritel di IKN
Pojok Bisnis

Alfamart telah secara resmi menyatakan kesanggupannya untuk berinvestasi dan bermitra dalam sektor komersial niaga di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kesepakatan ini ditandai oleh penandatanganan kerja sama antara PT Sumber Alfaria Trijaya tbk, yang mengelola jaringan ritel modern Alfamart, dan PT Bina Karya (Persero), yang merupakan Badan Usaha Otorita IKN. Penandatanganan ini berlangsung di Jakarta pada tanggal 5 September 2023.

Dalam acara tersebut, Alfamart diwakili oleh Property & Development Director, Hans Harischandra, sementara PT Bina Karya (Persero) diwakili oleh Direktur Utama, Boyke P. Soebroto.

Investasi dan Kemitraan Ritel di IKN

Mereka bersama-sama menandatangani Kesepakatan Kerja Sama yang mencakup tiga bentuk investasi dan kemitraan usaha ritel di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan dilakukan oleh Alfamart.

PT Mitra Mortar indonesia

Pertama, Alfamart akan terlibat dalam pembangunan, pengoperasian, dan komersialisasi gudang pusat distribusi barang ke gerai-gerai.

Kedua, mereka akan menjalankan kemitraan usaha ritel dengan prinsip keterlibatan masyarakat sekitar IKN dengan menggunakan brand lokal yang disebut Kerjasama Operasi Ekonomi Berbagi (KASOEBI).

Ketiga, Alfamart akan berfokus pada pemberdayaan UMKM lokal dengan menyediakan produk-produk di gerai mereka dan memberikan kesempatan usaha mandiri melalui program tenant.

Kehadiran Ritel sebagai Pondasi Dasar IKN

Solihin, Corporate Affairs Director Alfamart, menyatakan kebanggaannya atas kontribusi perusahaan mereka dalam membangun ekosistem sosial di IKN. Ia menekankan bahwa kehadiran ritel adalah pondasi dasar untuk kehidupan sosial di wilayah tersebut dan bahwa investasi Alfamart tidak hanya tentang bisnis, tetapi juga tentang pemberdayaan usaha kecil dan sumber daya manusia lokal.

Direktur Utama PT Bina Karya (Persero), Boyke P. Soebroto, mengucapkan terima kasih atas kontribusi Alfamart dalam membangun ekosistem sosial di IKN dan menyatakan bahwa mereka telah mempertimbangkan dengan cermat lokasi-lokasi yang sesuai untuk distribution center, toko minimart, dan lainnya.

Kedua belah pihak berharap untuk segera memulai langkah-langkah konkrit dalam waktu dekat dan terbuka untuk berbagai bentuk kerja sama, dengan fokus pada pengembangan UMKM sebagai salah satu mitra bisnis utama.

Turut hadir dalam acara ini adalah beberapa perwakilan dari kedua perusahaan. Kesepakatan ini menandai komitmen Alfamart dalam berkontribusi pada perkembangan ekonomi dan sosial di Ibu Kota Nusantara (IKN).

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan