Waralaba Refleksi Bisa Untung Hingga 50%

0
127
Pijat kesehatan (dok pijatkeluargasehat.files.wordpress.com)

 

Meningkatnya kesadaran masyarakat kembali pada pengobatan alami mendorong suburnya klinik/rumah pengobatan alternatif pijat refleksi. Hal ini didasari dengan mulai terkikisnya kepercayaan masyarakat akan penyembuhan dengan cara medis. Selain biaya pengobatan yang cukup mahal, pengobatan medis juga kerap menimbulkan efek samping yang kurang baik akibat mengkonsumsi obat-obatan.

Dampaknya klinik atau tempat yang menyediakan pengobatan alternatif seperti pijat refleksi, bekam, akupunktur, akupresure, totok, pijat tradisional hingga pijat dari mancanegara menjadi pilihan mencari penyembuhan. Fakta lain, banyak pasien yang menderita penyakit kronis sembuh setelah diterapi dengan pengobatan alternatif seperti stroke, diabetes, darah tinggi, hingga dapat melangsingkan, membuat tubuh bugar dan wajah terlihat segar. Dengan demikian tak salah rasanya banyak pelaku usaha di bidang kesehatan dan pengobatan alternatif optimis prospek usaha ini sangat menjanjikan beberapa tahun ke depan.

Hal ini sama persis dengan apa yang dikatakan Gus Minging, pelaku besar usaha pijat reflexology. Menurutnya klinik/rumah pijat refleksi semakin dipilih masyarakat karena menawarkan sesuatu yang alami dibanding klinik pengobatan medis. Mulai dari teknik pengobatan yang digunakan seperti teknik pijat yang makin bervariasi hingga bahan-bahan yang digunakan. Namun tetap saja usaha pijat refleksi yang dijalankan harus memiliki izin resmi dari Dinas Kesehatan dan berada dibawah naungan PAKSI (Persatuan Akupunturis Seluruh Indonesia) atau IKNI (Ikatan Naturopalis Indonesia).

Fenomena tersebut ditangkap oleh banyak pelaku usaha klinik pijat refleksi. Saat ini banyak pelaku usaha pijat tradisional yang kini dikombinasi dengan pijat mancanegara. Bahkan tak jarang pelaku usaha refleksi yang menggunakan bahan pijat selain minyak sebagai bahan utamanya. Dikatakan Gus, langkah tersebut terbilang tepat lantaran pijat mancanegara lebih komplit, apalagi jika menggunakan bahan herbal membuat usaha ini terus diminati masyarakat.

“Persaingan di usaha klinik pijat sudah sangat ketat, dan bila kita tidak bisa mengikuti perkembangan pasar maka cepat atau lambat akan ditinggalkan pelanggan,” ujar Gus mengingatkan.

Keunggulan dan Keunikan

Bagi Anda sebagai pemula dalam dunia usaha tak perlu khawatir dan bingung, karena saat ini banyak pilihan usaha klinik pijat refleksi yang menawarkan peluang kerja sama dengan sistem waralaba atau kemitraan. Tentunya hal tersebut akan memudahkan Anda dalam menjalankan usaha tanpa harus memiliki pengalaman di bidang kesehatan. Sebut saja klinik Beijings Reflexology sebagai spesialis pijat Beijing, China.

Sesuai namanya, klinik pijat refleksi yang digawangi Andi Budiawan ini menawarkan teknik pijat khas Beijing. Seperti yang diketahui, teknik pijat dari negeri tirai bambu ini sudah dikenal sejak lama seperti Akupuntur, Tui Na, Qigong, Fheng Shui, Thai Chi Chuan dan Yin Yang. Dalam praktik pengobatannya, Beijing Reflexology menggunakan beberapa tahap diagnosa mulai dari mengamati, menanyakan, mendengar dan menyentuh.

Jasa pengobatannya terdiri dari pijat refleksi (tangan, kaki dan tubuh), totok aura, ear candle therapy, acupressure serta bekam (kop untuk mengeluarkan angin dan darah kotor). Demi memanjakan pelanggan, ruang treatment ditata rapi dengan kursi refleksi yang bisa diatur sandarannya dan dilengkapi TV cable, musik relaksasi, dan aromatherapy. Andi juga menyediakan tenaga terapis perempuan dan laki-laki.

“Tapi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan, terapis perempuan khusus untuk pasien perempuan saja, sementara terapis laki-laki bisa untuk pasien perempuan dan laki-laki,” jelasnya.

Mau yang lebih unik dan menarik lagi? Simak saja keunggulan dari teknik pijat/totok di klinik Nirwana Reflexy milik Asri Hartani. Dengan menggunakan teknik pijat Tui Na, Asri mengkombinasi teknik pijat/totoknya dengan teh murbei dan kepompong. Teknik pijat Tui Na dilakukan dengan menekan titik-titik akupunktur yang ada di tubuh terutama pada bagian telapak kaki dan tangan.

Refleksi Tui Na ini bisa memberikan penyembuhan pada beberapa penyakit seperti sakit pinggang, sakit kepala, minus di mata, hipertensi dan berbagai penyakit lainnya. Dengan menyatukan teknik Tui Na dan teh murbei akan menambah khasiat misalnya menghilangkan gatal-gatal, membersihkan kotoran dan lemak pada mata, membuat seluruh tubuh menjadi segar serta mengeluarkan racun dalam tubuh.

Tak hanya itu, Asri juga menawarkan pijat dan totok wajah dengan menggunakan kepompong. Menurut para ahli kesehatan, kepompong dipercaya mengandung protein dan asam amino yang berkhasiat untuk mengangkat kotoran seperti komedo dan lainnya. Ada juga totok aura dan totok pelangsing perut dengan menggunakan teknik Tui Na yang mampu mengecilkan perut mulai dari 1 cm per treatment.

“Di sini kita tidak memakai obat-obatan yang diminum, cukup dengan mengoptimalkan Tui Na dan juga ramuan minyak herbal,”  tambahnya.

Menyoal harga, saat ini harga jasa pijat refleksi di klinik manapun terbilang cukup terjangkau dengan kisaran harga yang bervariasi mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu per treatment. Dalam hal ini, Andi (Pemilik Beijing Reflexology) mematoknya dengan harga Rp 25-50 ribu selama 30-90 menit.  Sementara Asri (Pemilik Nirwana Reflexy memberikan harga pijat dan totok yang variatif mulai dari Rp 25 ribu sampai Rp 250 ribu.

Investasi

Banyak yang menyangka untuk mendirikan usaha klinik pengobatan butuh modal yang lumayan besar mengingat pelayanan yang diberikan juga menjadi nilai penting dalam mendatangkan customer. Namun tidak demikian dengan tawaran kerja sama kilinik/rumah pengobatan refleksi. Investasi yang ditawarkan pun terbilang cukup terjangkau mulai dari puluhan juta seperti Nirwana Reflexy yakni sebesar Rp 30 juta, dan Beijings Reflexology sebesar Rp 35 – 100 juta.

Selain itu, Anda tak perlu khawatir, karena kebanyakan Pewaralaba berani menjanjikan Anda mampu balik modal cepat atau selambat-lambatnya sampai 15 bulan dengan keuntungan bersih mencapai 40 – 60% dari omset. Seperti yang dijanjikan Pewaralaba Beijing Reflexology yang menjanjikan Terwaralaba dapat balik modal dalam waktu 6-15 bulan dengan keuntungan bersih sebesar Rp 6,5 juta/bulan. Belum lagi Nirwana Reflexy yang begitu optimis Terwaralaba mampu balik modal hanya dalam tiga bulan dengan keuntungan bersih hingga 69,5% dari omset.

Amirul Moh. Nur, pengamat waralaba dari Perhimpunan Waralaba mengingatkan calon Terwaralaba (pembeli merek waralaba/Mitra) untuk selalu jeli memilih Pewaralaba, terutama jangan tergiur iming-iming balik modal cepat seperti yang dijanjikan. Pasalnya banyak pemain pemula yang terlalu terburu-buru mewaralabakan usahanya, sebelum populer dan terbukti hasilnya. Amirul juga mengatakan usaha jasa kesehatan allternatif ini memerlukan waktu untuk mengedukasi pasar tentu saja agenda promosi jadi prioritas utama.

“Perlu extra hati-hati, jangan sampai tergiur janji muluk tentang balik modal yang cepat. Apalagi kalau namanya belum populer, bahkan tak terdengar,” jelasnya.

Pemasaran

Dalam menjalankan bisnis, kenyamanan dan pelayanan dari terapisnya patut diperhatikan. Pasalnya, kendala yang umum dihadapi dalam usaha klinik pijat refleksi adalah sulitnya mencari terapis yang handal dan terampil. Kenyamanan dari teknik pijat yang diberikan sangat menentukan kepuasan pelanggan. Untuk itu sebaiknya para terapis dibekali pengetahuan teknik pijat bersertifikat.

“Setiap pelanggan itu keluhannya berbeda, sebaiknya para terapis wajib memperdalam pengetahuan mengenai dunia medis pengobatan alternatif, jika tidak demikian maka usaha tersebut dijamin hanya bertahan sebentar saja,” terang Gus Minging, Pewaralaba Nakamura Reflexology ini.

Faktor lain yang menentukan suksesnya usaha ini yakni lokasi tempat usaha. Dalam hal ini, Yadi Budi Setiawan, selaku Pengamat Marketing menjelaskan saat ini pasar modern (ITC) bisa jadi pilihan Anda untuk melakoni bisnis ini. Pasalnya ITC memiliki konsep yang lebih heterogen dan konsumen yang datang ke sana adalah orang-orang dari segala kalangan. Selain lokasi ini bersih dan aman, harga sewa pun sangat terjangkau.

Lokasi favorit lain yang strategis untuk bisnis ini adalah kawasan padat penduduk, area apartemen dan perkantoran. “Kawasan ini bisa dijadikan lahan basah untuk usaha jasa kesehatan reflexology. Biasanya masyarakat sekarang selalu ingin memanjakan tubuhnya dengan melakukan pijat refleksi setelah lelah dengan pekerjaan, penat dengan hingar-bingar jalanan dan lainnya,”. Jelas Yadi memberikan saran.

Nah, bagi Anda yang ingin menjajal usaha di bidang klinik/rumah pijat refleksi tak ada salahnya mencoba, asalkan Anda berani menentukan pijat khas mana yang akan Anda geluti. Tentunya soal modal tidak akan menjadi masalah, karena bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.