Dirut Bulog Sebut Kartel Kuasai 94% Pasar Pangan

0
77

Fluktuasi harga pangan dalam negeri yang bak roller coaster dikatakan Direktur Utama Peruma Bulog, Budi Waseso karena ulah kartel pangan.

Menurutnya saat ini pasar pangan di Indonesia hampir 100% dimonopoli kartel. Buwas merinci lebih lanjut jika kartel kuasai hampir 94 persen pasar produk pangan sedangkan Bulog hanya menguasai 6% saja.

“Kartel pangan kuasai 94% pasar pangan, sedangkan Negara dalam hal ini Bulog hanya kuasai 6%,” ungkapnya dalam acara Blak-blakan besama Detik.com di Gedung Bulog, Jakarta, Selasa (21/05/2019).

Buwas mengatakan pihaknya telah melakukan beberapa penangkapan pengusaha yang melakukan kegiatan monopoli alias kartel. Namun saat kondisi politik sedang kurang kondusif hal tersebut distop sementara waktu.

“Kartel sudah ditangkap, tapi karena situasi nggak biasa, kita slow dulu,” papar Buwas.

Danpak negatif atas kegiatan kartel ini bisa mendorong tingklat inflasi, sehingga Buwas berharap kegiatan kartel akan berukurang.

Karena itu ia berencana melakukan sinergi dengan kementrian dan lembaga mengurangi praktek kartel di pasaran, salah satunya program Aparatur Sipil Negara yang wajib membeli produk Bulog.

Buwas menegaskan tanpa adanya dukungan pemerintah, dan kementrian sehingga pasar tidak menjadi liar dan bebas yang ujungnya merugikan amsyarakat karena harga dikendalikan kartel.

“Bisa terjadi pasar bebas di lapangan, kualitas tak terjamin, akhirnya bebas, kualitas murah dan ada permintaan orang yang memanfaatkan untuk ajang bisnis. Itu sudah terbukti," pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.