Komoditas Pangan Naik, Mendag Janjikan Pasokan Stabil

0
343

Rencana pemerintah impor 100 ibu ton bawang putih sehari pasca pemilu berujung pada melejitnya harga bawang putih dan sulitnya mencari bawang putih di pasar. Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman yang mengunjungi operasi pangan di Pasar Kramatjati, Jakarta Timur, Jakarta Minggu (5/5/2019) menetapkan harga bawang putih di seluruh Indonesia paling tinggi Rp 30 ribu.

Ditetapkanya harga tertinggi bawang putih lantaran stok bawang putih saat ini telah mencapai 100 ribu ton, atau dua kali lipat dari kebutuhan pasar saat ini yang sebesar 50 ribu ton yang diperoleh dari impor. Ia meminta kepada seluruh importir bawang putih menurunkan harga jual dari Rp 46 ribu menjadi Rp 25-30 ribu per kg. Bagi importir yang melanggar kesepakatan, pemerintah akan memasukannya ke dalam daftar hitam dan melarang mendatangkan bawang putih dari luar negeri.

“Siapa-siapa yang telah menandatangani tadi tidak berkomitmen, urusannya ini panjang. Kami pastikan kami sudah sepakat. Dia juga bersedia untuk di-blacklist (jikalau melanggar), tidak lagi mengimpor bawang putih,” ujarnya.

Selain bawang putih, harga cabai merah juga ikut terkerek saat Ramadhan dan jelang Lebaran. Karena itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita memastikan harga sejumlah komoditas pangan di pasar stabil memasuki bulan Ramadan.

“Jadi tidak ada masalah. bahan pokok tidak ada kekhawatiran,” katanya.

Menurut harga yang dihitung BPS di tingkat konsumen, bawang putih mengalami kenaikan signifikan selama 5 tahun terakhir mencapai kisaran Rp.45.000 per kg. Sementara itu, bawang merah mengalami kenaikan harga hingga mencapai angka Rp.40.000 per kg. Sementara itu jelang lebaran nanti bagi komoditas jagung pakan Bulog menyediakan pasokan 114 ribu ton. Lalu diikuti gula 53 ribu ton, tepung terigu 460 ton, dan minyak goreng 1,3 juta liter.

Bulog memprediksi komoditas daging akan mengalami kenaikan permintaan hingga 100 persen menjelang Lebaran. Daging sapi diperkirakan naik 79,5-100 persen, sementara daging ayam naik 111,5 persen. Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Imam Subowo mengatakan, harga komoditas pangan akan mengalami kenaikan.

Menurut Data Bulog, harga daging sapi pada April mencapai Rp.114.651 per kg dan naik menjadi Rp.115.188 per kg pada lebaran nanti. Lalu daging ayam dari Rp.31.353 per kg di bulan April akan meningkat menjadi Rp3.6.353 per kg pada Lebaran. Bagi telur ayam ras, kenaikan diprediksi terjadi kenaikan sedikit. Dari Rp.24.311 per kg menjadi Rp.25.302 per kg pada Lebaran.

Gejolak harga pangan disebut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dapat memicu inflasi yang lebih besar. Lantaran itu lah, ia berharap beberapa komoditas dapat dipanen lebih awal agar suplai dapat terpenuhi dan harga bisa terkendali.

Inflasi pada April 2019 tercatat sebesar 0,44 persen, lebih besar dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tercatat 0,10 persen. Angka ini juga di luar ekspektasi pemerintah di mana rata-rata inflasi bulanan dipatok sekitar 0,3 persen.

“Kenaikannya agak sedikit terlalu tinggi, kalau kita itu selama ini (proyeksi) inflasinya di sekitar 3,5 persen. Itu kalau 3,5 persen, per bulannya mestinya 0,3 persen, kali ini kan jadi 0,4,” ujarnya, Jumat (03/04/2019).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.