Pendapatan Warganya Per Tahun Naik, Indonesia Masuk Negara Menengah Atas

0
1284
Panorama di salah satu sudut Jakarta. (Flickr.com/inBaliTimur)
Pojok Bisnis

Berempat.com – Indonesia kini masuk ke dalam daftar negara dengan pendapatan menengah ke atas (upper-middle income) menurut versi Bank Dunia. Pasalnya, menurut data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), rata-rata pendapatan orang Indonesia per tahun atau per kapita di tahun 2018 naik menjadi $3.927 atau setara Rp56 juta. Angka tersebut naik dibanding tahun 2017 sebesar $3.876 dollar AS atau Rp51,9 juta per tahun.

Sebelumnya, Bank Dunia masih menempatkan Indonesia berada di kategori negara dengan pendapatan per kapita menengah ke bawah (lower-middle income). Berdasarkan data, Bank Dunia membagi negara-negara di dunia menjadi empat kategori berdasarkan pendapatan per kapitanya.

Pertama ialah kelompok negara berpendapatan rendah (low income) dengan pendapatan per kapita di bawah US$995 per tahun. Kedua, negara berpendapatan menengah ke bawah (lower-middle) di kisaran US$996-3.895 per tahun. Ketiga, negara berpendapatan menengah ke atas (upper-middle income) US$3.896-12.055. Terakhir, negara pendapatan tinggi (high income) alias negara maju dengan pendapatan per kapita di atas US$12.056 per tahun.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.