Ketegangan Dagang AS-China Bisa Hambat Pertumbuhan Ekonomi Dunia

0
310

Berempat.com – Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde mengatakan bahwa ekonomi dunia saat ini masih stabil di tengah ketidakpastian global. Bahkan, Lagarde memprediksi pertumbuhan ekonomi dunia bisa stabil di 3,7% hingga tahun depan.

“Kami memperkirakan pertumbuhan bisa stabil di angka 3,7% tahun ini dan tahun depan,” kata Lagarde dalam konferensi pers di BICC, Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10).

Namun, kendati demikian Lagarde cukup mencemaskan perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Menurutnya, ketegangan antara kedua negara tersebut bisa berpotensi mengganggu pertumbuhan ekonomi dunia. Ketegangan dua negara ini dianggap sebagai tantangan yang mesti dihadapi oleh negara-negara di dunia.

Karena itu, Lagarde pun meminta kepada dua negara tersebut untuk menurunkan tensi ketegangan dagang. Yang utama ialah dapat menjalankan kebijakan yang sesuai dengan sistem perdagangan global. Ia pun beharap pemerintah AS dan China bisa memperbaiki sistem dan kebijakan perdagangannya.

Saat ini, terang Lagarde, ekonomi dunia mengalami koreksi dari perkiraan semula. Namun, kondisi tersebut dianggap masih lebih aman dibanding periode 2008 silam ketika dunia mengalami krisis keuangan. Lagarde menilai bahwa saat ini utang publik dan swasta di dunia masih dalam kategori aman.

Namun, tetap saja, Lagarde mewanti-wanti bahwa perubahan kondisi bisa terjadi andai ada sedikit saja perubahan arah yang bisa menimbulkan ketidakstabilan negara berkembang.

“Jika ada sedikit saja perubahan arah, maka bisa menimbulkan arus modal keluar dan ketidakstabilan dari negara berkembang. Seperti yang terjadi saat ini,” ujar dia.

Untuk itu, Lagarde menyarankan kepada negara berkembang yang rentanagar bisa  mengambil bauran kebijakan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.