Pemerintah Fokus Dorong Investasi Pariwisata di Tengah Tantangan Ekonomi Global

0
130
Pemerintah Fokus Dorong Investasi Pariwisata di Tengah Tantangan Ekonomi Global
Pemerintah Fokus Dorong Investasi Pariwisata di Tengah Tantangan Ekonomi Global (Dok Foto: Kemenkeu)
Pojok Bisnis

Pertumbuhan investasi di sektor pariwisata kini menjadi perhatian utama Pemerintah Indonesia. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyampaikan bahwa ekonomi global menghadapi berbagai tantangan yang berdampak pada investasi secara umum, termasuk di sektor pariwisata. Tantangan tersebut meliputi inflasi, ketegangan geopolitik, perubahan iklim, dan penuaan populasi.

Meskipun menghadapi tantangan ekonomi yang kompleks, Indonesia tetap menunjukkan pertumbuhan yang baik dan kuat. Kebijakan fiskal yang solid telah menjadi alat strategis dalam menjaga stabilitas ekonomi dan mendukung potensi sektor pariwisata untuk pertumbuhan ekonomi inklusif menuju Indonesia emas 2045.

“Untuk mencapai status negara berpenghasilan tinggi pada 2045, Indonesia harus tumbuh lebih pesat dan mengembangkan berbagai sektor, termasuk pariwisata yang bisa menjadi sumber pertumbuhan inklusif,” ujar Menkeu saat International Tourism Investment Forum (ITIF) 2024 di Jakarta, Rabu (05/06).

Potensi dan Tantangan Sektor Pariwisata di Indonesia

Indonesia kaya akan sumber daya alam, warisan budaya yang indah, dan keramahtamahan yang diakui dunia. Namun, beberapa tantangan seperti peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pembangunan infrastruktur masih perlu diatasi.

PT Mitra Mortar indonesia

“Infrastruktur berperan penting dalam mengungkap potensi pertumbuhan, termasuk di sektor pariwisata. Pariwisata tidak mungkin berkembang tanpa infrastruktur yang berkualitas,” tambahnya.

Pemerintah Indonesia telah mengambil berbagai langkah untuk mendukung sektor pariwisata melalui kebijakan dan alokasi anggaran. Menkeu menekankan pentingnya reformasi struktural dan birokrasi yang efisien, efektif, dan profesional. Dukungan Pemerintah meliputi pembiayaan infrastruktur, peningkatan layanan kesehatan, pengembangan destinasi pariwisata, hingga program perlindungan sosial. Selain itu, pemerintah juga memberikan insentif fiskal dan pajak.

Dia menjelaskan bahwa dukungan diberikan melalui anggaran nasional dan lokal, termasuk insentif bagi daerah dan destinasi wisata. Selain itu, ada juga insentif dalam bentuk zona ekonomi khusus yang memungkinkan daerah mendapatkan manfaat fiskal dan cukai.

Komitmen untuk Mengatasi Tantangan dan Mendorong Pertumbuhan

Dengan komitmen untuk mengatasi tantangan dan mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, Indonesia berpotensi menjadi tujuan pariwisata yang menarik dan berkelanjutan. Sinergi antara pemerintah pusat dan daerah serta sektor swasta sangat diperlukan untuk mendorong pertumbuhan pariwisata demi kemakmuran rakyat.

“Pariwisata adalah sektor vital bagi ekonomi. Selain itu, pariwisata juga dapat meningkatkan interaksi antarbangsa, membangun perdamaian, dan menciptakan kemakmuran,” pungkasnya.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan