Cara Bijak Mengelola keuangan untuk Merawat Orang Tua di Rumah

0
138
Cara Bijak Mengelola keuangan untuk Merawat Orang Tua di Rumah
Cara Bijak Mengelola keuangan untuk Merawat Orang Tua di Rumah
Pojok Bisnis

Banyak keluarga di Indonesia yang memilih merawat orang tua di rumah ketimbang memasukkan mereka ke panti jompo. Namun, tantangan terbesar adalah mengatur keuangan agar perawatan berjalan lancar tanpa menguras tabungan.

1. Rencanakan Anggaran Perawatan

Mulailah dengan membuat daftar kebutuhan orang tua-mu, seperti obat-obatan, kunjungan dokter, dan kebutuhan harian lainnya. Tentukan prioritas dan anggarkan dana sesuai kebutuhan tersebut.

  • Kebutuhan Medis: Obat-obatan, kunjungan dokter, terapi, dan peralatan medis.
  • Kebutuhan Harian: Makanan khusus, pakaian, dan perlengkapan kebersihan.
  • Biaya Tambahan: Hiburan, kegiatan sosial, dan biaya transportasi.

Dengan merinci semua kebutuhan ini, Kamu dapat memperkirakan anggaran bulanan dan tahunan yang lebih akurat.

2. Manfaatkan Asuransi Kesehatan

Periksa kembali polis asuransi kesehatan orang tua. Pastikan bahwa polis tersebut mencakup biaya perawatan yang diperlukan. Jika belum punya, pertimbangkan untuk mendaftarkan asuransi kesehatan yang sesuai.

PT Mitra Mortar indonesia

3. Cari Bantuan Profesional

Jika Kamu tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk merawat orang tua secara penuh, pertimbangkan untuk menyewa perawat profesional yang dapat datang ke rumah. Ini dapat memberikan perawatan yang lebih baik dan meringankan bebanmu.

4. Manfaatkan Program Pemerintah

Pemerintah memiliki berbagai program bantuan untuk lansia. Cari informasi mengenai program yang saat ini disediakan oleh pemerintah dan manfaatkan fasilitas tersebut untuk meringankan biaya perawatan. Contohnya:

  • Bantuan Kesehatan: Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
  • Bantuan Sosial: Program Keluarga Harapan (PKH) untuk lansia.

5. Lakukan Investasi Jangka Panjang

Investasikan sebagian pendapatan-mu pada instrumen keuangan yang bisa memberikan hasil di masa depan. Hal ini bisa menjadi tabungan yang bisa digunakan untuk biaya perawatan orang tua di kemudian hari.

6. Buat Dana Darurat

Selalu siapkan dana darurat untuk keperluan mendesak yang mungkin muncul. Dana darurat ini bisa berasal dari tabungan bulanan atau investasi jangka pendek yang mudah dicairkan.

7. Kelola Hutang dengan Bijak

Jika Kamu memiliki hutang, pastikan untuk mengelolanya dengan bijak. Jangan sampai pembayaran hutang mengganggu anggaran perawatan orang tua. Prioritaskan pembayaran hutang yang mendesak dan buat rencana pembayaran yang teratur.

Dengan perencanaan yang matang dan pengelolaan keuangan yang baik, Kamu bisa memberikan perawatan terbaik bagi orang tua di rumah tanpa harus khawatir soal biaya.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan