F1 Powerboat 2024: Pesona Danau Toba, Harapan Ekonomi Meningkat 25%

0
96
F1 Powerboat 2024: Pesona Danau Toba, Harapan Ekonomi Meningkat 25%
F1 Powerboat 2024: Pesona Danau Toba, Harapan Ekonomi Meningkat 25% (Dok Foto, Sumber: Menparekraf)
Pojok Bisnis

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, dengan penuh optimisme, menyampaikan harapannya terhadap dampak positif yang dihasilkan oleh kegiatan F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatra Utara, pada 1-3 Maret 2024.

Beliau berambisi agar multiplier effect dari acara ini dapat meningkat sebesar 20-25 persen dari dampak ekonomi sebelumnya yang telah mencapai Rp391 miliar.

Dalam sebuah konferensi pers yang diadakan di Ruang Rapat Lantai 4, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menparekraf Sandiaga mengungkapkan apresiasinya kepada semua pihak yang telah berkontribusi pada kesuksesan penyelenggaraan kejuaraan olahraga air internasional di Danau Toba, termasuk F1 Powerboat 2023.

Keberhasilan tersebut menjadikan Danau Toba sebagai tuan rumah terbaik di dunia, seiring dengan keindahan alam yang dimilikinya.

Top Mortar Semen Instan

“Harapan kami pada tahun ini adalah untuk mencapai peningkatan 20-25 persen, dengan dampak ekonomi yang lebih besar karena kami ingin lebih menonjolkan produk-produk ekonomi kreatif dan budaya,” ungkap Menparekraf. Pelaku ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba telah menjalani berbagai pelatihan untuk memastikan kesuksesan penyelenggaraan F1 Powerboat 2024.

Pemanfaatan Media untuk Mempromosikan Gelaran F1 Powerboat di Indonesia

Menparekraf Sandiaga juga mendorong pemanfaatan media digital sebagai alat yang lebih masif untuk mempromosikan F1 Powerboat. Dengan jutaan penonton melalui platform digital, diharapkan bahwa ini akan menjadi pendorong signifikan terhadap kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Menparekraf juga mengungkapkan tentang keberadaan Tourism Fund atau dana khusus pariwisata.

Dana ini, sekitar Rp2 triliun setiap tahun, diharapkan akan menjadi pemicu baru untuk menghadirkan berbagai acara kebudayaan dan ekowisata lainnya, sehingga semakin meningkatkan citra Indonesia di mata dunia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menambahkan dimensi baru pada F1 Powerboat 2024 dengan mengombinasikan keindahan Danau Toba dengan kekayaan budaya Batak.

Beliau menyebutkan bahwa akan ada banyak side event yang bertujuan untuk mempromosikan budaya unik Batak bersama dengan kecantikan alam Danau Toba.

Transformasi fundamental ini diharapkan akan memberikan dampak positif yang lebih besar pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan