Piala Dunia FIFA U-17 2023: Dampak Positif Terhadap Ekonomi dan UMKM Indonesia

0
271
Dampak Ekonomi Piala Dunia
Piala Dunia FIFA U-17 2023: Dampak Positif Terhadap Ekonomi dan UMKM Indonesia (Dok Foto: Juaraga)
Pojok Bisnis

Perhelatan Piala Dunia FIFA U-17 di Indonesia diprediksi akan memberikan dampak positif pada sektor ekonomi, terutama dalam penjualan merchandise.

FIFA telah menunjuk PT Juara Raga Adidaya (Juaraga) sebagai pemegang lisensi resmi untuk merchandise Piala Dunia FIFA U-17 Indonesia 2023.

Juaraga bertanggung jawab atas produksi dan distribusi berbagai produk merchandise resmi dengan kerjasama bersama Local Organizing Committee (LOC) Indonesia, yaitu PSSI.

Mochtar Sarman, CEO Juaraga, menyatakan bahwa perusahaan melibatkan tujuh UMKM dalam proses produksi berbagai jenis merchandise, termasuk maskot, syal, dan produk lainnya. UMKM ini tersebar di berbagai kota seperti Bandung, Jakarta, dan sekitarnya.

PT Mitra Mortar indonesia

“Sekitar 300-an pekerja dari UMKM terlibat dalam proses ini,” kata Mochtar kepada Kontan.co.id pada Jumat (10/11).

Melibatkan Ribuan Pekerja untuk Produksi Merchandise

Total tenaga kerja yang terlibat dalam produksi merchandise mencapai ribuan pekerja terampil lokal. Mereka memproduksi 32 jenis produk dengan standar yang telah ditetapkan oleh FIFA, termasuk jersey, syal, maskot, tas, stiker, gantungan kunci, dan lainnya.

“Bahan baku sebanyak 98% berasal dari lokal, sementara seluruh proses penjahitan atau pembuatan dilakukan secara lokal,” tambah Mochtar.

Sementara itu, 2% material yang diimpor merupakan komponen untuk memastikan keaslian dan lisensi dari FIFA, seperti hologram dan material eksklusif lainnya, sehingga keaslian produk dapat dijamin.

Selain memberikan dampak ekonomi, Mochtar menekankan bahwa keterlibatan UMKM dalam produksi merchandise Piala Dunia U-17 juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk belajar dan meningkatkan standar produk mereka menjadi internasional.

Dampak Ekonomi Penjualan Merchandise Piala Dunia U-17 di Indonesia

Produk-produk merchandise ini tidak hanya berdampak pada ekonomi secara keseluruhan, tetapi juga dapat memberikan kontribusi positif pada ekonomi lokal di sekitar stadion-stadion yang menjadi venue pertandingan.

Dalam hal penjualan, berbagai merchandise dijual dengan harga mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 899.000, dengan jumlah produksi merchandise yang sudah mencapai puluhan ribu unit hingga saat ini.

Juaraga, sebagai mitra LOC, menjalankan operasional outlet penjualan merchandise di semua stadion yang menjadi venue pertandingan, termasuk Stadion Jakarta International Stadium, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. Selain itu, merchandise Piala Dunia U-17 juga dapat ditemukan di Official Garuda Store milik PSSI, outlet Electronic City dan Alfamart, serta Outlet Cenderamata Astra.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan