Dampak Asian Games, Omset UKM di SMESCO Naik 110 Persen

0
519
Ilustrasi produk UKM di SMESCO Indonesia. (zonaekonomi.com)

Berempat.com – Dampak perhelatan Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta tampaknya membawa angin segar bagi SMESCO Indonesia. Pasalnya, perhelatan Asian Games yang membawa banyak delegasi dari luar negeri tersebut bisa menaikkan omset Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di SMESCO hingga 110,8 persen atau setara 2-3 kali lipat dari biasanya.

“Adanya Asian Games mampu mendongkrak omzet dan penjualan dari produk UKM di Smesco Indonesia. Selama lima hari pelaksanaan Asian Games omzet tercatat naik tajam hingga lebih dari 110,8 persen atau 2-3 kali lipat,” ujar Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP – KUKM) Emilia Suhaimi dalam keterangan resminya, Minggu (26/8).

Naiknya omset tersebut terjadi setelah LLP-KUKM berupaya membawa para kontingen peserta Asian Games 2018 mengunjungi SEMSCO Indonesia. Menurut Emilia, respon positif terhadap produk UKM di SMESCO Indonesia telah diberikan oleh atlet, official, maupun para pendukung negara masing-masing yang ikut berkunjung.

Emilia pun berharap, banyaknya delegasi atlet dan official peserta Asian Games yang berbelanja di SMESCO Indonesia dapat menjadi sarana promosi bagi produk UKM ke berbagai negara.

Namun, kendati omset SMESCO bisa naik Emilia tetap beranggapan masih perlu upaya bersama agar bisa meramaikan SMESCO selama perhelatan Asian Games 2018 ini. Pasalnya, menurut Emilia, kepedulian Dinas Koperasi dan UKM dari berbagai daerah masih belum optimal.

Kurangnya kepedulian tersebut dinilai Emilia terlihat dari kurang cekatannya dinas terkait dalam mempercepat sirkulasi produk UKM yang akan maupun sudah habis di SMESCO. Sehingga hal tersebut berdampak pada kurang optimalnya upaya promosi terhadap produk unggulan yang diminati pembeli.

“Dinas koperasi kurang sadar, padahal ini (SMESCO Indonesia) sangat membantu produk unggulan UKM dari daerahnya, tapi mereka kurang serius dan ogah-ogahan. Seolah-olah ini sebagai kerja tambahan bagi mereka, terutama dari Daerah Sulawesi Utara,” ungkap Emilia.

Emilia pun berharap, di sisa waktu perhelatan Asian Games 2018 ini berlangsung terdapat peran dan komitmen pemerintah daerah yang lebih tinggi daripada sebelumnya. Pasalnya, SMESCO Indonesia merupakan pintu masuk bagi pelaku usaha daerah agar dapat memperkenalkan dan memasarkan produknya sampai ke luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.