Hanif Klaim Permasalahan THR Tahun Ini Menurun

0
355

Berempat.com – Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengklaim bahwa permasalahan Tunjangan Hari Raya (THR) tahun ini menurun dibandingkan tahun 2017. Hal tersebut diketahui berdasarkan turunnya jumlah pengaduan tahun ini yang berjumlah 396. Sementara di tahun lalu terdapat 412 jumlah pengaduan.

“Secara keseluruhan terjadi penurunan untuk pengaduan terkait pembayaran THR. Semua aduan akan kami tangani,” ujar Hanif di Jakarta, Senin (16/7).

Hanif pun mengungkapkan, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menurunkan tim untuk memantau dan memastikan bahwa Dinas Ketenagakerjaan setempat melaksanakan penyidikan terhadap perusahaan-perusahaan yang dilaporkan.

Karena, menurut Hanif, masalah THR merupakan kewajiban bagi pemerintah daerah untuk memantau dan memberikan sanksi jika terjadi pelanggaran.

Adapun, perusahaan yang melanggar akan dikenakan sanksi berupa denda lima persen dari total THR yang harus dibayarkan, dan juga harus membayar penuh THR. Jika perusahaan tersebut belum menunaikan kewajiban, katanya, pemerintah akan memberikan teguran tertulis dan pembatasan kegiatan usaha.

Saat ini, Hanif mengungkapkan bahwa pihaknya sedang menangani 241 pengaduan terkait THR.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.