Ini Alasan Pertamina Naikkan Harga BBM Non-subsidi

0
407
Harga BBM di Indonesia termasuk murah menurut Global Petrol Price. (Kompas.com/Uno Kartika)

Berempat.com – Pada Minggu (1/7) kemarin PT Pertamina secara resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi. Adapun jenis BBM yang naik di SPBU Pertamina seluruh Indonesia yaitu Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex. Sementara untuk jenis Premium, Solar, dan Pertalite tidak mengalami kenaikan.

Namun, bersamaan dengan itu, harga Pertamax di beberapa daerah seperti Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Gorontalo harga Pertamax justru turun. Menurut keterangan resmi dari pihak Pertamina, hal tersebut dilakukan untuk mendorong penggunaan BBM berkualitas agar sesuai dengan daya beli masyarakat.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito menjelaskan, penyesuaian harga BBM jenis nonsubsidi merupakan dampak dari naiknya harga minyak mentah dunia. Saat ini harga minyak dunia rata-rata mencapai 75 dolar per barel.

“Bahan baku BBM adalah minyak mentah, tentunya ketika harga minyak dunia naik akan diikuti dengan kenaikan harga BBM,” ungkap Adiatma dalam keterangan resminya yang diterima Antara, Senin (2/7).

Adiatma pun menjelaskan, penyesuaian harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex sudah mengacu pada Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 34 tahun 2018 Perubahan Kelima Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 39 Tahun 2014, Tentang Perhitungan Harga Jual Eceran BBM.

Atas ketentuan tersebut, Pertamina menetapkan harga Pertamax untuk wilayah DKI Jakarta Rp 9.500 per liter, Pertamax Turbo Rp 10.700 per liter, Pertamina Dex Rp 10.500 per liter, dan Dexlite Rp 9.000 per liter.

Menurut Adiatma, apa yang dilakukan Pertamina saat ini merupakan upaya agar Perseroan bisa bertahan dalam menyediakan BBM dengan pasokan yang cukup dan sesuai kebutuhan.

“Sehingga tidak mengganggu konsumen dalam beraktivitas sehari-hari di mana pun,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.