Mengelola Keuangan Penjualan Multi Produk

0
369
dok importir.co.id
Pojok Bisnis

 

Pada prinsipnya, untuk mengelola keuangan usaha perlu diawali dengan pencatatan yang baik. Apalagi Roeny menjual berbagai macam barang yang berbeda jenisnya. Saya sarankan sebagai langkah awal, masing-masing barang punya buku pencatatan sendiri. Jadi ATK punya buku pembelian dan pencatatan sendiri, pulsa dan majalah pun begitu. Mengapa?

Karena antara pulsa, majalah dan ATK kemungkinan besar punya sistem jual dan beli sendiri-sendiri yang mungkin akan membuat pusing bagi pemula untuk menghitung transaksinya kalau digabungkan. Sebagai contoh, biasanya untuk penjualan pulsa kita akan menjadi member penjual pulsa besar dengan cara deposit uang terlebih dahulu.

Kemudian deposit ini akan dipotong saat Anda berjualan. Sedangkan untuk majalah ada beberapa sistem, bisa saja dengan cara beli putus atau justru Anda hanya menerima titipan dan bisa mengembalikan majalah tersebut jika tidak terjual. Lain lagi dengan ATK yang biasanya memang beli putus dan harus memiliki stok. Pencatatan ini juga bisa berfungsi untuk memisahkan mana uang pribadi dan mana uang usaha.

Top Mortar gak takut hujan reels

Oh iya, sebagai bagian dari langkah awal juga, Anda tidak perlu berpikir harus mengerti pencatatan yang aneh-aneh dulu, seperti pembuatan buku kas dengan kode sebagainya. Cukup membuat catatan sederhana saja uang masuk, uang keluar dan saldonya. Dan jangan lupa lakukan evaluasi tiap bulan, terutama untuk evaluasi barang apa yang paling laku dijual dan bisa memberikan prospek keuntungan lebih besar di masa mendatang.

 

Oleh: Rakhmi Permatasari

Perencana Keuangan Safir Senduk & Rekan

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.