5 Poin yang Harus Dimiliki Pebisnis EO

0
58
EO (dok brilio.net)

 

Event organizer memiliki fungsi sebagai penyedia jasa profesional penyelenggara sebuah acara. Pada dasarnya event organizer atau biasa disebut EO memiliki tugas membantu pemesan jasa (klien) untuk menyelenggarakan acara yang diinginkan, seperti launching product, company gathering, exhibitions, seminar, promosi, talkshow dan sebagainya.

Dengan jasa EO, tahap persiapan sampai dengan event bisa dikelola sehingga berjalan lancar. Event-event yang biasa ditangani oleh event organizer  berupa pameran produk (buku, mobil, computer, kerajinan), hingga ke pernikahan.

Dalam menjalankan peran pada sebuah event acara, EO bertugas untuk mengkoordinasi, melayani, mensupport kepentingan yang bersangkutan, misalnya trainer, trainee, vendor training, transportasi, media massa, dan pihak-pihak terkait lainnya. Pelaku usaha EO harus faham betul tentang seluk beluk acara yang dibuat, karena hal tersebut akan berkaitan dengan keberhasilan proyeknya.

Ada beberapa hal utama yang perlu kita perhitungkan sebelum calon pelaku usaha  memutuskan terjun di dunia bisnis event organizer. Poin pertama bekal pengalaman menyelenggarakan event, kedua memiliki ide kreatif dan inovatif, ketiga memiliki banyak jaringan relasi bisnis (klien/sponsor) yang cukup kuat, keempat memiliki modal usaha event organizer yang cukup, dan kelima mempunyai tim yang solid dan loyal.

Walaupun terlihat sangat sederhana, namun sebenarnya lima poin di atas merupakan hal-hal yang cukup berat. Kebanyakan orang mengatakan bahwa bisnis di dunia event organizer itu mudah, tapi belum tentu. Banyak sekali rintangan yang harus kita hadapi dan tentunya ini tidak ringan. Belum lagi jika dibandingkan dengan daftar event organizer lain yang semakin menjamur. Tapi sebenarnya kuncinya terletak di ketekunan dan kerja keras, itulah modal paling utama yang harus kita miliki.

Namun, untuk ke depannya bisnis EO, khususnya dalam penyelenggaraan pameran cukup memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Apalagi saat ini tengah berkembang pesat pelaku-pelaku UKM dengan produk kreatif, yang pastinya membutuhkan media promosi seperti pameran atau bazaar.

 

Oleh: Eka Susanti,

Owner dan Marketing Officer Langkah Production

Ruko Tol Boulevard D/23 BSD City – Tangerang Selatan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.