Ini Bedanya Orang Berpenghasilan Rp 1 Juta dan Rp 100 Juta

0
285
Beda Karyawan dan Penguasha (dok blog kiwi.com)

 

Dalam hidup kita, seringkali ada perbedaan yang mencolok di antara satu dengan yang lain. Ada orang yang sangat sukses, ada yang rata-rata, dan ada juga yang gagal. Lantas apa yang membedakan?. Beberapa hari yang lalu, saya menanyakan satu pertanyaan kepada teman-teman di Facebook:

“Apa yang membedakan orang yang mempunyai penghasilan Rp 1 juta per bulan dengan orang yang mempunyai penghasilan Rp 100 juta per bulan?. Apakah orang yang berpenghasilan Rp 100 juta per bulan mempunyai kepintaran 100 kali lipat dibandingkan dengan yang mempunyai penghasilan Rp 1 juta per bulan?. Langsung saya mendapatkan banyak tanggapan dan komentar dari teman-teman.

Dalam artikel ini, saya ingin sharing apa yang disampaikan oleh teman-teman di Facebook, begitu juga tanggapan dari beberapa peserta dalam seminar. Jawaban yang terlontar antara lain :

  • Orang yang berpenghasilan Rp 100 juta lebih bekerja keras dan lebih rajin daripada yang Rp 1 juta
  • Lebih berani ambil risiko dan selalu take action
  • Orang yang punya penghasilan Rp 1 juta tidak berani untuk bermimpi, tidak melakukan secara maksimal, belum apa-apa selalu negatif duluan, menganggap 100 juta itu hal yang impossible dan hanya mengganggap orang-orang yang berilmu tinggi yang sanggup mendapatkan penghasilan 100 juta, alias minder.
  • Orang yang berpenghasilan Rp 100 juta mempunyai sistem yang bekerja untuk mereka alias lebih bijak
  • Orang yang berpenghasilan Rp 100 juta mempunyai impian dan target yang jauh lebih besar alias ukuran impian mereka
  • Tempat di mana mereka bekerja atau alat yang dipakai
  • Sistem kepercayaan/keyakinan mereka
  • Kemampuan melihat peluang dan selalu melakukan yang terbaik.
  • Kemampuan memimpin/delegasi tugas.
  • Orang yang berpenghasilan Rp 100 juta berpikir lebih positif dan selalu mencari kesempatan di setiap tantangan yang dihadapi.
  • Faktor keberuntungan/nasibnya lebih baik.
  • Mempunyai tujuan yang jelas untuk apa setelah mendapatkan Rp 100 juta, sehingga passion-nya lebih besar
  • Lebih banyak melayani dan selalu membuat orang lain senang.
  • Cara kerja dan prosesnya berbeda.
  • Knowledge dan informasinya lebih lengkap/karena tahu caranya.

Dan, banyak sekali faktor lainnya.

Semua jawaban di atas ini adalah benar dan merupakan faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan antara orang yang mempunyai penghasilan Rp 100 juta per bulan dengan yang berpenghasilan Rp 1 juta. Tetapi kurang, masih ada satu faktor yang paling penting atau kita sebut kunci utamanya. Karena kebanyakan kita sudah tahu jawaban di atas, tetapi hidup kita tidak berubah, dan tetap biasa-biasa saja.

Jawaban-jawaban di atas ibaratnya adalah mutiara-mutiara yang berceceran di lantai, di mana masih kurang satu faktor terpenting yang bisa membuat mutiara itu menjadi sangat berharga yaitu talinya. Jika mutiara-mutiara itu kita satukan dan rangkaikan dengan talinya, maka akan menjadi sebuah kalung mutiara yang begitu indah dan bernilai tinggi. Begitu juga dalam hidup kita dan faktor terpenting itu adalah PILIHAN Anda! Yes.. Pilihan Andalah yang menentukan segalanya.

Apakah jawabannya adalah sesederhana ini, saya sering mendapat respons dari teman-teman dan peserta seminar: “Masa perbedaannya adalah pada pilihan kita, kalo gitu saya pasti mau pilih Rp 100 juta dong.” Ya Betul.. tapi pertanyaannya adalah: “Apakah selama ini Anda sudah buat pilihan? Keputusan dalam hidup Anda untuk menjadi orang yang mempunyai penghasilan 100 juta per bulan?” dan jawabannya Anda tahu sendiri…

Pembaca yang budiman, dalam hidup kita yang hanya sekali ini saja, buatlah pilihan yang berharga dalam hidup Anda.  Anda pantas untuk hidup jauh lebih sukses dan lebih baik dari hari ini, sesuai ilustrasi di atas, Anda juga berhak untuk mempunyai penghasilan Rp 100 juta per bulan atau 100 kali lipat dari penghasilan Anda sekarang.

Sekarang Anda sudah tahu rahasianya adalah pilihan Anda, so beranilah untuk buat pilihan, karena ketika Anda membuat pilihan, maka Anda akan sadar bahwa harus melakukan dengan cara yang berbeda, Anda akan lebih rajin dan lebih smart dalam memilih alat, jika Anda fokus pada hasil 100 kali lipat dari sekarang, Anda pasti mulai mencari segala faktor dan strategi yang mendukung Anda untuk mencapainya.

Bertanyalah pada diri Anda sendiri, apa yang harus saya lakukan, apa yang harus saya pelajari, siapa yang bisa membantu saya, mungkin saya harus pakai alat/kendaraan apa, sistem apa yang saya bisa pakai supaya bisa melipat gandakan hasil saya. Mulailah sebuah pencarian dan petualangan baru, yang pasti setelah Anda sudah membuat pilihan, maka hidup Anda mulai berubah!

Selamat mencoba, dan saya doakan semoga Anda menempuh sebuah perjalanan yang hebat luar biasa dan segera memiliki kehidupan yang jauh lebih Sukses, Sehat, Kaya & Bahagia!

 

Oleh: Rudy Lim

Inspirator Muda No.1 Indonesia

Entrepreneur & Motivational Speaker

Website : www.rudylim.com

Twitter   : @RudyLim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.