Melihat Ceruk Bisnis Watch Bag Organizer

0
215
Watch bag organizer (dok karousell.com)

Penggunaan tas di dalam tas atau yang lebih dikenal dengan sebutan bag organizer, mulai dikenal di negeri Paman Sam. Di Indonesia sendiri bag organizer cukup diminati sebelumnya ada pula hanging bag organizer, hanging shoes organizer, shoes organizer, jilbab and syal organizer, bang book pocket, lunch bag organizer, underwear case organizer, charger and cable organizer, cosmetic bag organizer, new underwear case organizer, baby diapers organizer, dan toilet bag organizer (TBO), sementara watch bag organizer hanya salah satu pengembangannya.

Berbagai bahan baku mulai dari kulit binatang, kulit kayu, kain, plastik, kertas bahkan limbah pun digunakan dalam pembuatan bag organizer ini. Karenanya produk ini terlihat lebih menarik sebagai tempat untuk menyimpan barang kesayangan seperti sepatu, kebaya, tas, jam tangan, gaun pengantin, tas, soevenir, alat tulis, perlengkapan mandi, dan lain sebagainya.

Watch Bag Organizer

Produk ini sebenarnya lebih ditujukan khusus untuk pecinta dan kolektor jam tangan untuk menyimpan koleksi jam tangan miliknya agar terlindungi, tidak rusak, dan tidak terkena bedu. Alat ini juga lebih praktis dan meghemat tempat karena pemiliknya tak harus menyimpan kotak-kotak jam tangan, cukup dengan sebuah watch bag organizer saja bisa menampung 6 buah jam tangan sekaligus.

Watch bag organizer juga dirancang secara khusus dan eksklusif agar jam tangan yang disimpan di dalamnya aman karena menggunakan bahan velvet yang halus. Biasanya watch bag organizer dilengkapi dengan bantal mini dan sekat-sekat yang dalamannya diberikan dakron dan busa, tujuannya untuk melindungi agar jam tangan tidak tergores atau lecet. Pada bagian depan tas menggunakan bahan mika transparan sehingga kita bisa melihat isi dari organizer tersebut. Sementara bagian luar tas menggunakan bahan Baby refstok dengan tampilan warna-warna cantik yang menawan sehingga terlihat eksklusif.

Bagi pencinta jam tangan kehadiran watch bag organizer tentu sangat membantu jika ingin melakukan traveling namun enggan meninggalkan koleksi jam tangannya. Karena itu, tak salah jika Anda memang berniat menekuni usaha ini karena memiliki masa depan yang masih cerah dengan keuntungan rata-rata berkisar antara 35-50%. Untuk sebuah watch bag organizer, saat ini harga di pasaran berkisar Rp 70 – 150 ribu tergantung kualitas dan bahan bakunya.

Cara Membuat

Membuat watch bag organizer sebenarnya tidak terlalu rumit, tahapannya hampir sama dengan cara pembuatan baju. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan, yaitu baby refstok/polister, resleting, bahan mika, bahan velvet, dakron, busa, dan perekat (Velcro). Sedangkan peralatan yang dibutuhkan adalah mesin jahit dan peralatan jahit lainnya.

Setelah itu, dapat mulai dilakukan pembuatan pola bag organizer mengikuti bentuk kotak dengan ukuran 27 cm x 15 cm x 12 cm, atau bentuk lain sesuai dengan keinginan Anda untuk menambah variasi bentuk. Setelah pola terbentuk, langkah selanjutnya adalah pemotongan bahan sesuai dengan pola yang dibuat. Jahitlah setiap bagian dengan rapi, sementara bagian atas atau depan tas menggunakan bahan mika transparan, lalu diberikan resleting.

Untuk bagian dalamnya buat bantal mini sebanyak 6 buah dari bahan velvet yang diisi dacron. Lalu buat sekat yang terbuat dari busa dan furing, sehingga bagian dalam tas memiliki 6 ruang bseukuran bantal mini yang dibuat. Agar sekat-sekat tersebut dapat dibongkar pasang maka pasangkan perekat (Velcro) pada bagian pinggir sekat dan bagian dalam tas, dan tambahkan pegangan tas di atasnya. Bagian yang tersulit dalam membuat watch bag organizer adalah pada proses penjahitannya, terlebih pada saat menjahit pada bahan mika transparan. Jika tidak hati-hati maka bisa merusak bahan tersebut, serta jika jahitan tidak rapih tentunya akan mengurangi kualitas pada produk yang dibuat sehingga menurunkan nilai jualnya.

Nah, agar modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar, proses produksi bisa diserahkan kepada pengrajin dengan membawa contoh desain bag organizer yang ingin dibuat. Atau bisa juga dengan menjadi Reseller salah satu produsen. Dengan menjadi Reseller, jalan Anda untuk memiliki usaha ini otomatis menjadi sangat mudah, karena hanya tinggal membeli produk yang sudah jadi dengan harga diskon kepada produsen dengan minimal pembelian tertentu. Biasanya dengan membeli 3 bag organizer saja Anda sudah bisa menjadi Reseller. Dengan kata lain hanya dengan modal ratusan ribu saja usaha ini sudah bisa dijalankan.

Pemasaran

Promosi atau mengenalkan watch bag organizer ini dapat dilakukan secara online dan menawarkan secara langsung door to door kepada teman-teman kantor atau memberikan sample produk. Atau bisa juga memanfaatkan fasilitas BlackBerry Messenger atau BBM.

Selain cara-cara di atas bisa juga dengan mengikuti pameran yang ditujukan tak hanya untuk memperkenalkan produk namun sebagai langkah memperkuat brand yang dimiliki. Dan bila produk sudah bisa diterima pasar, bisa dilanjutkan dengan melakukan kerja sama dengan toko-toko tas atau souvenir yang berada di mal-mal dengan sistem konsinyasi.

Produk ini juga bisa ditawarkan kepada toko jam tangan atau malah produsen jam tangan, yang mungkin saja mereka jadikan sebagai hadiah ke konsumen untuk setiap pembelian jam jenis tertentu misalnya.

Kendala

Kendala yang dirasakan usaha ini ini umumnya hanya pada segi jahitan saja jika menyerahkan kepada pengrajin. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kerapian jahitan menjadi proses yang sulit. Karena itu untuk mengatasinya, ada baiknya kita memiliki penjahit sendiri yang sudah terlatih karena bisa dipantau langsung proses pengerjaannya.

Kendala lain dalam usaha ini adalah pangsa pasar yang cenderung sangat segmented. Pasalnya hanya pecinta jam tangan atau orang yang memiliki banyak jam tangan yang akan membelinya. Sementara di Indonesia sendiri untuk yang memiliki hobi sebagai kolektor jam tangan belum terlalu banyak dan biasanya yang memiliki jam tangan lebih dari satu berasal dari kalangan menengah atas.

Meski demikian prospek usaha watch bag organizer terbilang cukup baik, asalkan bisa mengkreasikannya. Misalnya dengan mengombinasikan watch bag organizer dan underwear organizer, sehingga ketika tidak digunakan untuk jam tangan bisa dialih-fungsikan menjadi underwear organizer. Atau bisa saja bermain pada tampilan dan motif bahan bagian luar bag organizer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.