Kucing Ras Exotic Shorthair Diminati Kalangan Atas

0
480
Kucing Exotic Shorthair (dok duniaq.com)

Exotic Shorthair adalah salah satu ras kucing merupakan hasil persilangan antara ras Persia dengan ras American Shorthair. Exotic Shorthair memiliki karakter, kepribadian, dan ciri fisik sama seperti ras Persia, hanya saja membedakannya adalah bulunya yang pendek dan sifatnya yang berbeda dengan Persia.

Kucing ras Exotic (Shorthair) ini  memang baru beberapa tahun lalu terkenal di Indonesia, padahal kucing ras tersebut sudah sejak lama terkenal di mancanegara dengan wajahnya menggemaskan seperti tokoh kartun Garfield.

Karena keunggulan Jenis kucing ras tersebut, Andrie Krieshiawan mulai menekuni usaha breeding kucing ras exotic sejak Tahun 2011 dengan modal awal Rp 20 Juta membeli sepasang kucing exotic, kandang, dan pakan di daerah Jakarta.

“Dua Ras kucing yaitu Persia dan Exotic susah di-breeding untuk mendapatkan hasil anak yang baik membuat prospek dua kucing tersebut menjadi peluang besar dengan harga yang mahal,” ujar pria kelahiran Jakarta 23 Maret 1975 ini.

Seiring perjalanan usaha Andrie membudidayakan Spesialis Kucing ras Exotic. Andrie mempunyai sebuah ruangan berukuran 5 meter x 4 meter, dalam ruangan tersebut terdapat 5 sekat kandang (@1meter x 1 meter), peralatan makanan, beberapa nampan terisi pasir untuk buang hajat kucing, dan 2 unit ac (23-24 celcius) untuk supaya bulu kucing tetap terjaga.

Menurut Andrie, sebagai penghobi sekaligus spesialis peternak kucing ras exotic, perawatan kucing teratur merupakan salah satu kunci sukses. Selain itu, pemberian pakan jangan dibatasi agar kesehatan dan pertumbuhan kucing bisa optimal. “Berbisnis mahluk hidup itu harus kita sayangi setulus hati dan kita harus mengorbankan waktu yang banyak agar kucing yang kita ternakkan memperoleh hasil anakan yang bagus,” tegasnya.

Prospek dan Persaingan

Prospek pembudidayaan kucing jenis ras exotic menurut Andrie ke depan akan sangat bagus. Terbukti saat ini Andrie masih menerima banyak permintaan kucing ras exotic berkualitas. Tak hanya dari pasar lokal saja, pasar kontes pun ternyata melirik kucingnya dengan harga lebih menggiurkan. Pernah suatu ketika ada penghobi terus mencari-cari namun harus inden. Kucing ras exotic dipercaya mempunyai kualitas bagus di kalangan pasar kucing dan penghobi kucing exotic dan persia.

Kucing ras Exotic bisa dibilang sebagai primadona kucing hias yang tidak pernah surut penggemar. Oleh karena itu, kucing jenis ini memiliki prospek yang sangat baik dibandingkan dengan binatang hias jenis lain. Peminatnya diprediksi tidak akan pernah mati bahkan terus bertambah, terutama karena kecantikan dan kelucuan yang satu ini berbeda dengan binatang yang lain.

Menyadari jumlah penjual kucing hias termasuk kucing hias impor sudah banyak bermunculan, Andrie tak khawatir. Pasalnya, ia selalu menjunjung tinggi kepuasan konsumen dan konsisten menjaga kualitas dengan harga murah dari kucing impor serta memberikan garansi.

Harga kucing exotic sangat variatif sesuai dengan kualifikasinya. Kucing exotic kualitas pasar konsumen diharga Rp 3-5 Juta, exotic kualitas breeding Rp 5-15 Juta, dan exotic kualitas kontes show diatas Rp 14 juta. Kini Andrie memiliki 6 ekor indukan dan hasil breeding kucing sudah dipasarkan di pulau Jawa.

Pemasaran

Sejak menjalankan usahanya Andrie memasarkan kucing ras exotic melalui facebook dan messenger online. Selain itu memasarkan melalui internet. ”Waktu itu pertama kali hasil breeding kucing saya, saya bergabung dengan komunitas kucing. Nah di sana saya mulai dikenal dan sangat mudah menjual kucing saya karena kualitas kucing bagus,” Jelasnya.  Ia juga menambahkan sebaiknya pembeli datang ke tempatnya agar bisa melihat kualitas kucing exotic.

Setiap pembelian satu kucing, Andrie mendaftarkannya pada Perkin agar konsumen mendapatkan surat keterangan kepemilikan kucing exotic dengan biaya bersih Rp 150 – 250  ribu. Konsumen yang datang dari luar kota tak perlu khawatir dalam hal pengiriman, Andrie memasukkan kucingnya dalam kandang kenel box dan memaketkan melalui jasa ekspedisi khusus hewan peliharaan sehingga keamanannya sangat terjaga. Setiap kucing kualitas kontes Rp 15 juta Andrie bisa mendapatkan keuntungan bersih 66%.

Kendala

Selama menjalankan usaha budi daya kucing hias ini, kendala yang dirasakan Andrie datang dari segi pengiriman kucing ke luar daerah. “Pengiriman kucing ke luar daerah masih terkendala. Pertama sebelum kucing dikirim kita harus melalui proses karantina dulu untuk mendapatkan surat jalan. Proses tersebut terbilang mudah, tapi untuk urusan kandang packaging kucing itu lumayan ribet. Kandang harus sesuai standar armada pengiriman, misalnya pesawat. Itu ada standarnya sendiri. Kalau pembeli yang datang langsung ke rumah, biasanya ada yang bawa kandang sendiri, atau kucing biasanya kita masukkan ke dalam kardus yang sudah diberi lubang agar udaranya terjaga,” terang Andrie.

Ke depan, Andrie berharap pemasaran usaha kucing exotic ini akan menjangkau lebih luas lagi, baik ke seluruh daerah di Indonesia maupun ke luar negeri. Yanti pun berencana akan terus meningkatkan kualitas kelincinya agar tak kalah saing dengan kucing  impor yang banyak beredar sekarang ini. Menurutnya kunci sukses usaha breeder kucing exotic adalah harus hobi dan cinta Kucing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.