Cara Memperoleh Dana Segar bagi Pemula

0
2379
PNM (dok PNM.co.id)

Permasalahan umum yang sering dialami oleh pelaku usaha termasuk kalangan UKM saat ingin memulai usaha adalah kesulitan modal. Bila ingin meminjam modal ke bank (Kredit Usaha) persyaratannya cukup merepotkan, pihak bank hanya memberi pinjaman pada usaha yang sudah berjalan dua tahun dan ada laporan keuangan yang lengkap. Sehingga untuk pilihan pinjaman ke bank agak sulit Anda lakukan.

Ada alternatif lain untuk mencari modal bagi Anda yang baru pertama kali akan memulai usaha dengan cara mudah yaitu menggadaikan aset pribadi ke Pegadaian atau menjual aset yang tidak produktif. Misalkan Anda punya aset berupa kendaraan sepeda motor atau lainnya yang memang tidak produktif, Anda bisa gadaikan atau jual.

Bila Anda tidak memiliki aset yang bisa digadaikan, Anda tidak perlu putus asa. Anda bisa mencoba melakukan pinjaman dari Koperasi Kredit/Lembaga Pembiayaan. Pinjaman ini bunganya lebih tinggi, namun persyaratannya lebih mudah dibandingkan bank.

Alternatif lain mengingat produk yang Anda tawarkan adalah produk kreatif dan menggunakan bahan yang ramah lingkungan, ada baiknya ditawarkan ke Lembaga Pembiayaan Modal Ventura. Misalnya di Jakarta, yaitu ke Permodalan Nasional Madani (PNM).

Jika dianggap produk ini potensial dan memberikan banyak manfaat, mereka bisa menyuntikkan modal atau setidaknya memberikan pinjaman dengan fasilitas khusus, tergantung bagaimana Anda bisa meyakinkan mereka. Jika mereka tidak memberikan modal, Anda bisa tanyakan atau konsultasi ke mereka bagaimana solusi yang terbaik bagi produk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.