Jualan dengan Harga Teman, Dongkrak Penjualan Saat Pandemi

0
54
Wakil Presiden Direktur dan COO PT Intiland Development Tbk. Suhendro Prabowo (kiri) bersama Marketing Manager Regatta David Lelij saat melihat-lihat kuliner yang hadir di Regatta Beach Culinary, Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara, Jumat (21/9). (Berempat.com/Shandy)

Dalam dunia usaha ada banyak teknik pemasaran yang bisa dilakukan oleh para pelaku usaha terlebih jika produk yang ditawarakan terbilang kreatif. Dan salah satu teknik promosi dan pemasaran yang mampu menggaet konsumen dengan lebih cepat serta bisa memperoleh keuntungan yang cepat, yakni dengan cara promosi word of mouth atau biasa disebut pemasaran dari mulu ke mulut. Sebenarnya teknik tersebut cukup klasik, namun dari tahun ke tahun, teknik promosi seperti itu mampu membuat usaha semakin eksis. Hal tersebut dikarenakan, teknik promosi mulut ke mulut lebih dipercaya calon konsumen, karena berdasarkan rekomendasi dari relasinya.

Tidak cukup itu, untuk mejangkau pasar lebih luas lagi, pelaku usaha juga bisa memanfaatkan sistem teknologi yang saat ini tengah booming di kalangan pelaku usaha dalam mengenalkan usahanya. Teknik tersebut berkaitan dengan dunia maya dan jejaring sosial, yang hampir semua masyarakat telah menggunakannya, seperti facebook, twitter, blog, hingga instagram.

Kiat yang harus dilakukan dalam pemasaran supaya mendapatkan untung besar adalah aspek pasar dasar, dikenal dengan 4P yaitu Product (produk), Price (harga), Promotion (promosi), Place (lokasi atau distribusi). Dengan aspek pasar dasar untuk bisa laku memasarkan produk atau jasa, maka produk atau jasa terlebih dahulu harus bagus. Strategi pemasaran lain yang harus dilakukan agar cepat mendapatkan banyak konsumen adalah dengan cara membangun komunitas pengguna dari apa yang kita buat. Supaya tidak mendapatkan untung kecil sebaiknya target pemasarannya diperluas dan diperbesar bahkan pemasarannya bukan hanya dalam tapi juga luar negeri, kemudian diperbanyak turunan produk dan inovasi.

Cara lain agar menarik perhatian konsumen paling efektif adalah dengan menggunakan promosi dalam sebuah event pameran, dengan melakukan promo-promo seperti potongan harga yang tentunya mampu menarik perhatian konsumen.

Tips agar bisa tetap bertahan adalah kombinasi menekan biaya operasional dan sekaligus menciptakan tawaran-tawaran yang baru. Ini memang tidak mudah karena bisnis dituntut menawarkan produk dengan harga bersahabat dengan konsumen namun memberi kelebihan dibanding pesaing yang ada. Teknik pemasaran yang baik dan keunggulan produk merupakan satu kesatuan yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha, karena hal tersebut mampu mendorong naiknya permintaan masyarakat.