Ini Dia Sentra-Sentra Produksi Seragam Karyawan

0
1219

Jika mendengar baju seragam, bayangan kita adalah baju yang identik dipakai oleh para pelajar dan mahasiswa. Namun seragam tak hanya dikenakan oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Para karyawan di berbagai lini usaha pun kerap memakai seragam di hari-hari kerjanya. Tengok saja karyawan kantor, pabrik, security,  perusahaan Pertambangan, Rumah Sakit, hingga restoran. Tentu saja pemakaian seragam ini selain mengusung identitas perusahaan, membuat para karyawan tampil lebih rapi sekaligus sebagai sarana promosi perusahaan tersebut. Tak ayal, peluang bisnis produksi seragam karyawan bisa dibilang sangat terbuka saat ini. Model seragam juga sangat variatif, dan biasanya customer kebanyakan dari kalangan korporat.

Produksi seragam ini banyak dilakukan di beberapa pusat konveksi, antara lain di Jalan Proyek Pasar Senen Jakarta, Jalan Sukaluyu, Bandung, dan Pasar Kapasan, Surabaya. Masing-masing sentra membuat  model seragam dengan tingkat harga dan bahan yang berbeda. Sentra seragam di Jalan Proyek Pasar Senen, Jakarta Pusat menawarkan seragam dengan harga jual lebih murah dibandingkan seragam yang diproduksi di Sukaluyu, Bandung dan Pasar Kapasan Surabaya. Minimal pembelian yang diterapkan untuk harga grosir lebih  sedikit, hanya sekitar 20 pcs, sedangkan di pusat konveksi Bandung minimal sebanyak 3 lusin. Bahan yang digunakan untuk membuat seragam juga sangat variatif, seperti dari bahan drill, katun, oxford, twister, dan sebagainya.

Pemasaran seragam di semua sentra rata-rata sudah menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Tak ayal perusahaan-perusahaan nasional pun kerap menjadi klien mereka, sebut saja PT Freeport Indonesia, Toyota, Honda, PT Astra, Adira Finance, dan lain-lain.

Nah, bagi Anda yang tertarik memesan berbagai variasi model seragam dari ketiga sentra  terbesar ini, berikut informasi  model seragam dan harganya, serta alamat para produsen di ketiga sentra tersebut.

  1. Sentra Produksi Seragam Pasar Senen Jakarta

Kawasan Proyek Pasar Senen Jakarta Pusat sudah banyak dikenal oleh sebagian besar masyarakat sebagai salah satu pusat fesyen di Jakarta. Namun baru sekitar tahun 1990-an tempat ini menjadi pusat pertokoan dan sentra fesyen tak terkecuali produk seragam mulai dari seragam sekolah, seragam partai, sampai dengan seragam kantor atau perusahaan.

Menurut Masri, salah satu pelaku usaha konveksi seragam di Proyek Pasar Senen, pelanggan bisa memilih atau memesan model, desain, dan bahan sesuai keinginan. Sebagian besar pemesan yang datang berasal dari kalangan perusahaan ternama, seperti Astra International, Telkomsel, Adira Finance, dealer Honda, dan lain-lain.

Model dan Harga Seragam. Model seragam yang banyak diminati di Proyek Pasar Senen adalah model PDL (pakaian dinas lapangan) dan PDH (pakaian dinas harian). Jenis pakaian tersebut menggunakan bahan dasar kain American Drill, dengan kombinasi warna dan bordiran baik di depan maupun belakang seragam. Kisaran harga untuk model PDL ini sekitar Rp 70-80 ribu/pcs, tergantung banyak atau sedikitnya bordiran. Sedangkan untuk model PDH berbentuk kemeja safari polos tanpa bordir dipatok Rp 50-130 ribu/pcs. Minimum order pemesanan sebanyak 20 pcs. Harga tersebut tentu saja disesuaikan dengan kain dan jumlah pesanan.

Pengrajin konveksi di sentra ini umumnya membuat seragam kantor, seragam pabrik, seragam sekolah, seragam security, seragam safety, dan sebagainya. Seragam yang saat ini banyak dipesan dan diminati di sentra ini adalah seragam untuk cleaning service dan office boy. Bahan yang digunakan antara lain drill, katun, twister.

Soal desain, sentra produksi seragam ini mengandalkan desain dari customer langsung, sedangkan pengrajin biasanya hanya menyediakan bahan saja. Begitu pun dengan proses produksinya semuanya tergantung kerumitan dan jumlah pesanan, biasanya untuk pesanan seragam 100 pcs memerlukan waktu 2 minggu penyelesaian.

Pemasaran. Sistem pemasaran seragam dari sentra produksi di Proyek Pasar Senen ini berbeda-beda. Ada yang menggunakan sistem jemput bola, ada yang memasang iklan di situs jejaring sosial atau via online, bahkan ada yang memakai sistem tender yaitu dengan memborong pekerjaan seluruhnya atau sebagian pekerjaan sesuai dengan perjanjian atau kontrak yang dibuat oleh kedua belah pihak sebelum pekerjaan pemborongan itu dilakukan. Biasanya sistem kerja sama ini dilakukan ke beberapa instansi pemerintah atau perusahaan-perusahaan besar. Cakupan pemasaran sentra tersebut sudah menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Perusahaan-perusahaan yang pernah bekerja sama dengan para pengrajin di sini antara lain PT Asian Agri, Hotel Sriwijaya, dan beberapa instansi pemerintah.

Mengenai sistem pembayaran biasanya menggunakan sistem DP sebesar 50%, sisanya dilunasi setelah pengerjaan seragam jadi. Ongkos kirimnya pun dibebankan kepada customer. Potongan harga atau diskon kerap diberikan di sentra Proyek Pasar Senen yakni sebesar 10%, dan bisa juga berdasarkan negosiasi dengan customer.

  1. Sentra Produksi Seragam Sukaluyu, Bandung

Pusat produksi pembuatan seragam di kota Bandung berlokasi di Jalan Sukaluyu. Ada sekitar 7 pengrajin konveksi di sentra Sukaluyu ini. Salah satunya adalah Golden River Konveksi. Menurut Suci, staf marketing Golden River Konveksi, konveksi ini sudah berjalan sejak 3 tahun lalu. Seragam yang diproduksi di sentra Sukaluyu sangat beragam, mulai dari seragam kerja, seragam sekolah, seragam olahraga, seragam pabrik, seragam safety, seragam security, seragam promosi, dan lain-lain dengan harga berkisar Rp 60 ribu hingga ratusan ribu per pcs.

Harga jual ini tergantung pada kuantitas, desain, bahan, hingga variasi bordir/sablon. Bahan yang digunakan beragam, mulai dari drill, taipan tropical, dan lain-lain. Model seragam yang paling banyak dipesan adalah seragam kantor/kemeja berlengan pendek dan seragam mining atau tambang.

Biasanya desain seragam berasal dari pemesan langsung, dan minimal pembelian seragam rata-rata sebanyak 3 lusin. Pemesanan bisa dilakukan lewat email, via telepon atau bisa langsung datang ke lokasi. Jika model gambar, harga dan waktu pengerjaan sudah disepakati, maka pemesan diwajibkan membayar DP/uang muka sebesar 50% dari total order. Lama pengerjaan seragam ini kira-kira membutuhkan waktu sekitar 2-3 bulan. Setelah selesai produksi, pemesan harus membayar sisanya sebelum barang dikirim sesuai dengan jasa paket/ekspedisi yang diinginkan pemesan, dan ongkos kirim dibebankan kepada pemesan, kecuali pemesan dari wilayah Bandung dan Jakarta free ongkos kirim.

Pemasaran produk seragam dari sentra Sukaluyu Bandung ini sudah mencakup seluruh daerah di Indonesia. Perusahaan-perusahaan yang sudah pernah memesan seragam dari sentra ini antara lain PT Freeport Indonesia, PT GPS Halmahera, Toyota, dan masih banyak lagi. Para pengrajin konveksi juga bisa menerima retur jika spec seragam yang dibuat tidak sesuai dengan desain pesanan konsumen.

  1. Sentra Produksi Seragam Pasar Kapasan, Surabaya

Pusat produksi seragam di Pasar Kapasan, Surabaya terbilang cukup besar. Terdapat ratusan pengrajin konveksi yang menawarkan aneka kebutuhan konveksi baik skala rumah tangga maupun pabrikan. Termasuk kebutuhan pakaian seragam kantor mulai dari kemeja hingga wearpack atau pakaian seragam pembalap.

Saat ini, model seragam kantor yang paling banyak diminati adalah kemeja berbahan oxford lengan pendek polos satu warna dasar dengan emblem logo nama perusahaan di bagian dada. Model ini ditawarkan dengan harga Rp 60 ribu per pcs  dan tambahan harga hingga Rp 5 ribu per pcs emblem. Lamanya waktu pengerjaan berkisar antara 5-10 hari tergantung banyaknya pemesanan. Harga tersebut biasanya didasarkan pada jenis bahan hingga banyaknya emblem bordir pada pakaian. Seperti pada Seragam Satpam berbahan ribstok ditawarkan dengan harga Rp 75 ribu per pcs. Namun, harga yang ditetapkan juga tergantung dari tingkat kesulitan desain. Semakin sulit desain produk yang dipesan, maka akan semakin mahal pula harganya.

Pemesanan. Pemesanan seragam karyawan minimal sebanyak dua lusin. Semakin besar pemesanan, akan semakin besar pula potongan atau diskon harga yang didapatkan. Konsumen juga dapat memesan dan memilih model seragam sesuai keinginannya.

Saat ini pemasaran sentra konveksi pakaian seragam karyawan di Pasar Kapasan Surabaya sudah menjangkau seluruh wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara serta Papua. Beberapa konsumen yang memesan juga tak jarang berasal dari Jakarta, Bandung, Makassar dan Palembang. Untuk dapat memesan produk tersebut, beberapa pengrajin konveksi menyarankan agar pembeli dari luar kota datang langsung guna mendapatkan produk sesuai keinginannya. Namun, dapat pula memesan lewat telepon. Pembayaran biasanya dilakukan secara tunai sebelum barang dikirim dengan ongkos kirim ditanggung oleh pemesan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.