Pandu Logistik, Sukses Layani Jasa  Logistik Korporat Besar

0
784

Siapa yang menyangka tempat usaha yang awalnya ruko atau rumah toko berukuran 5×12 meter nyatanya kini menjadi sebuah perusahaan logistik ternama yang memiliki reputasi membanggakan. Pandu Logistik didirikan sejak tahun 1992 oleh Bhakty Kasry, mantan National Sales Manager sebuah perusahaan logistik skala internasional.

Awalnya Pandu Logistik hadir sebagai perusahaan penyedia jasa kurir untuk small parcel dan dokumen. Namun dalam beberapa bulan sejak berdiri, perusahaan yang awalnya bernama PT Pandu Siwi Sentosa ini berkembang pesat hingga memiliki 40 cabang di seluruh Indonesia. Tak ayal perusahaan logistik ini pun diberi julukan “bayi yang sudah bisa berlari” lantaran meski tergolong baru nyatanya mampu menciutkan nyali kompetitor pendahulunya.

Menurut Jimmi Krismiardhi, Area & Service Vice President Pandu Logistik, dalam kurun waktu lima tahun sejak didirikan, PT Pandu Siwi Sentosa sudah berekspansi ke warehouse. Awal tahun 2000, Pandu Siwi Group hadir dengan brand mark Pandu Logistik, yang merupakan sinergi dari tiga pilar kekuatan.

Pilar utama yaitu PT Pandu Siwi Sentosa, PT Indah Jaya Express dan PT Pandu Bella Transindo. Kini Pandu Logistik termasuk perusahaan logistik yang terlengkap di kelasnya. Jimmi mengatakan saat ini Pandu Logistik sudah memiliki lebih dari 150 cabang di seluruh Indonesia dan karyawan lebih dari 2000 orang.

Seiring dengan perkembangannya, Pandu Logistik telah memiliki jaringan teamwork tersebar di sebagian besar dunia, seperti Asia, Timur Tengah, Eropa, Australia, USA, Amerika Latin, Kanada dan Afrika Utara. Dan, jaringan kerjanya terbentang luas hingga ke benua Amerika, Eropa, Afrika, Asia dan Australia. Customer Pandu Logistik sendiri 90% berasal dari korporasi.

Sebut saja heavy equipment dan mining oriented industry, lalu industri farmasi, telekomunikasi hingga perbankan. Kelihaiannya bermain di medan korporat membuahkan hasil yang tak ternilai, selain secara finansial juga mampu mengangkat citra sebagai perusahaan yang layak dan capable. Klien Pandu Logistik di antaranya Astra, Alcatel, Siemens, Hexindo, United Tractors, Mitsubishi, Coca Cola, Bank Mandiri, BCA, Bank Indonesia, City Bank, Standard Chartered Bank, dan lain-lain.

Berkat layanan pengiriman yang prima dan tepat waktu, pada Maret 2005 Pandu Logistik mendapatkan penghargaan dari lembaga sertifikat sistem mutu ISO 9001:2000/ SNI 19-9001:2001 untuk manajemen pergudangan pengiriman darat, laut dan udara.

Selain itu, penghargaan lain yang pernah diperoleh antara lain Adikarya Patrawahana Pos (2001) dari Departemen Perhubungan untuk bidang pengembangan cabang dan agen di seluruh Indonesia, penghargaan dari Komite Akreditasi Nasional (KAN), Garuda Indonesia Airlines Achievement Award (2000), The Most Outstanding Domestic Cargo Agent (1999), dan The Best Performance for Domestic Cargo (1998).

Pandu Logistik juga pernah dipercaya sebagai mitra Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada pelaksanaan Pemilu Legislatif tahun 2004. Selain itu, Pandu Logistik juga melakukan pengiriman buku-buku petunjuk dan komputer dari United Nation Development Programme (UNDP) ke seluruh kecamatan dan pelosok di Indonesia dan pengiriman komputer ke seluruh KPU di seluruh daerah Indonesia. Hal-hal itulah yang menjadi keunggulan tersendiri bagi Pandu Logistik. “Dibanding kompetitor kita punya track record banyak dan membanggakan tentunya,” papar Jimmi bangga.

Kekuatan Pandu Logistik ini diakui Jimmi memiliki networking yang luas. Hal ini dikarenakan perusahaan sudah cukup lama bermain di bisnis ini. Pandu Logistik juga sedang mengembangkan sistem traceability. Sistem tersebut dapat memprediksi waktu untuk pengiriman dan pelanggan dapat memeriksa langsung barangnya sampai mana dan dalam kondisi seperti apa. Faktor pendukung keberhasilan Pandu Logistik terutama dari pengalaman, layanan dan SDM yang skillful.

Selain itu   Pandu Logistik didukung oleh armada yang berstandar internasional yang mampu menjamin pengiriman barang tepat waktu dan aman. Contohnya untuk pengiriman barang mining oriented industry  Jimmi mengaku menggunakan armada Gran Max jenis Pick Up.

Jimmi mengatakan Pandu Logistik sudah memiliki ratusan unit Gran Max dengan berbagai jenis. Dasar pemilihan Gran Max sendiri adalah selain space lebih luas, harga lebih murah, juga modelnya lebih bagus dibanding mobil sekelasnya. “Dasar pemilihan lain karena saya dapat info juga bahwa Gran Max sudah diekspor ke Jepang. Saya pikir barang sudah masuk Jepang pasti punya spesifikasi yang bagus,” jelasnya sambil tersenyum.

Dari segi bahan bakar pun Gran Max tergolong irit. Untuk urusan servis maintenance Jimmi juga mengaku tak kerepotan, dan ia pun sudah sepenuhnya percaya terhadap brand Daihatsu yang dianggapnya mempunya reputasi yang bagus. Pengaruh signifikan pun ia rasakan dari segi pemilihan armada yang dipakainya ini terhadap omset.

“Dengan space yang luas maka akan ada efisiensi dari segi kebutuhan armadanya sendiri. Ditunjang dengan pemakaian bahan bakar yang irit, spec yang bagus secara nggak langsung menguntungkan juga kan,” papar Jimmi.

Tak salah jika Jimmi pun mengaku puas dan selalu menambah unit Gran Max ini minimal setiap bulan sekali. “Kita selalu tambah unit. Bisa sebulan 2 kali kita tambah unit untuk agen-agen kita di daerah yang kini sudah mencapai 14 titik di Indonesia,” terang Jimmi. Keunggulan lain dari Gran Max yang turut dirasakan Jimmi sekarang adalah adanya lisensi resmi dari Kepolisian RI tentang jumlah penumpang Gran Max sendiri. Kalau biasanya di kursi depan hanya untuk 2 orang, kini Gran Max bisa diduduki oleh 3 orang tanpa dikenakan tilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.