Usaha Kebutuhan Pernikahan Kian Mencorong

0
6
Dok: digitalindonesianews.com

Pernikahan merupakan momen yang paling ditunggu oleh setiap anak Adam. Untuk itu, acara pernikahan pun ingin dibuat semeriah mungkin supaya menjadi  berkesan dan bisa diceritakan kepada anak cucu kelak.

Mengingat hal itu, tentunya semua perlu dukungan dari pihak-pihak yang berpengalaman menangani acara pernikahan seperti Wedding organizer dan lainnya. Banyaknya permintaan penggunaan jasa maupun produk untuk wedding membuat usaha dalam bidang wedding semakin digemari dan mempunyai prospek yang bagus.

Untung Gede. Banyaknya antusias masyarakat Indonesia yang ingin merayakan acara pernikahan dari tahun ke tahun membuat usaha ini semakin menjanjikan. Apalagi pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat tentu membuat pelaku usaha bisa meraup untung besar.

Seperti yang dialami oleh Intan Galuh Pratiwi penyedia jasa WO dengan nama CV. Galuh Laras Organizer ini mampu mengantongi omset hingga 120 juta per bulan dengan keuntungan bisa mencapai 30% lebih. Bahkan pada bulan-bulan yang ramai seperti bulan Juli, Desember, Januari dan Hari Raya dan setelahnya permintaan akan melonjak hingga kewalahan memenuhi permintaan klien.

Paling Diburu. Banyak kebutuhan yang harus dipenuhi oleh para calon pengantin yang akan merayakan pernikahan, mulai dari jasa wedding organizer (WO), jasa rias pengantin, jasa dekorasi pelaminan, produk aksesoris pengantin, catering pernikahan dan lain sebagainya. Hal ini diakui oleh Lia Ayu Susilowati, Pemilik Geulie’s Handmade.

Menurutnya produk aksesoris buatannya banyak diminati oleh para calon pengantin seperti kalung, gelang, crown, topi, tas, coker, boneka pengantin, hand bucket, hantaran, bros dan kebaya.

Sedangkan menurut Intan Galuh Pratiwi, pemilik CV. Galuh Laras Organizer mengatakan bahwa jasa Wedding Organizer juga banyak diburu oleh pasangan pengantin yang akan merayakan pernikahan.

Lucy Tabrin, pemiliki usaha makeup artis juga mengatakan bahwa calon pasangan pengantin memang sangat minat dengan adanya pesta pernikahan sehingga pelaku usaha yang terlibat dalam masalah pernikahan juga akan dicari oleh calon pengantin. Jasa wedding organizer, produk aksesoris maupun jasa rias memang hal yang harus dipenuhi oleh pasangan pengantin untuk menambah bagusnya suatu acara pernikahan,”paparnya.

Jalin kerja Sama dengan Vendor. Menggeluti usaha dalam bidang wedding memang memberikan peluang besar bagi para pelaku usaha untuk berkembang. Begitu juga dengan target marketnya yang sudah jelas yakni para calon pengantin yang akan merayakan suatu pesta pernikahan. Dalam melakukan pemasaran pelaku usaha harus lebih fokus dan aktif mencari seluk beluk dan informasi mengenai keberadaan vendor-vendor.

Dengan hal itu jasa yang kita miliki bisa masuk dan dikenal dikalangan vendor. Perkenalan dengan vendor berguna untuk kita dan juga sebaliknya. Suatu saat pelaku usaha akan membutuhkan jasa vendor dan juga sebaliknya.

Selain itu mengikuti event pameran juga sangat penting karena dengan mengikuti pameran pelaku usaha bisa langsung mempromosikan usahanya kepada pengunjung. Apabila ingin usahanya lebih cepat dikenal oleh masyarakat luas, pelaku usaha bisa memanfaatkan pemasaran dengan menggunakan website.

Hal penting lain yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha wedding menurut Lia Ayu Susilowati adalah mengenai persaingan. “Persaingan usaha dalam wedding memang sudah cukup ketat maka pelaku usaha harus bisa menarik perhatian konsumen,”terangnya.

Kiat Sukses. Kiat sukses dalam menjalankan bisnis wedding tak lepas dari berbagai unsur salah satunya yaitu unsur pemasara. Menurut Lia Ayu Susilowati kiat sukses yang dijalaninya yaitu karena peran pemerintah yang ikut serta membantu pelaku usaha UKM, Ia pun kerap mengikuti berbagai pameran seperti Crafina, Festival Industry Kreatif, Wedding expo dan lainnya.

Selain itu unsure lain yang bisa membantu suksesnya usaha adalah kegigihan dan usaha keras untuk membuat inovasi-inovasi baru seperti inovasi produk dan jasa.

Tren dan sebuah tradisi pesta pernikahan  yang sudah mengakar di Indonesia juga menjadikan bisnis yang berkaitan dengan wedding ini akan terus berprospek. Terlebih keuntungan yang didapat dalam bisnis ini juga sangat berlipat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.