Menangani Komplain Pelanggan Usaha Cuci Kiloan

0
950

Saya rasa Anda memang layak bersyukur bahwa usaha yang Anda jalankan saat ini dapat berjalan dan pelanggannya cukup banyak bahkan hingga Anda kuwalahan dalam menghadapinya. Jadi masalah yang Anda hadapi di sini bukanlah kekurangan pembeli sebagaimana umumnya usaha yang baru dijalankan, melainkan bagaimana mengelola usaha Anda agar usaha tersebut dapat berjalan dengan baik dan terus berkembang.

Bila Saya cermati permasalahan dalam usaha cuci kiloan yang Anda lakukan adalah soal tata kelola usaha atau manajemen. Saya menyimpulkan masalah Anda dapat diatasi secara bertahap yaitu dengan membuat standar prosedur kerja yang baik dan yang dapat dilakukan oleh karyawan usaha cuci kiloan Anda.

Di dalam perusahaan modern ada yang namanya Standard Operating Procedure (SOP), baik pada usaha laundry, hotel, restoran, dan sebagainya. Oleh karena itu saran saya, agar Anda dapat mengembangkan usaha, Anda perlu membuat prosedur kerja yang wajib dilakukan oleh Anda dan karyawan Anda. Sepakati prosedur tersebut bersama karyawan sehingga Anda dan karyawan sama-sama memiliki komitmen untuk menjalankan tugas dengan baik dan benar sehingga mencapai hasil yang diinginkan bersama.

Prosedur kerja yang bisa disusun antara lain meliputi prosedur dalam hal melayani pelanggan, prosedur menangani komplain pelanggan, prosedur pencucian pakaian, prosedur menyeterika pakaian, prosedur menangani kerusakan mesin dan sebagainya.

Sebaiknya setiap prosedur-prosedur tersebut disusun secara rinci, jelas dan pastinya harus mudah dipahami. Misalkan untuk prosedur melayani pelanggan jika tamu datang, karyawan diwajibkan mengucapkan selamat pagi/siang/sore/malam dan tanyakan “ada yang bisa dibantu Pak/Bu”, dan seterusnya.

Dengan prosedur yang lengkap, jelas dan mudah di pahami tersebut maka akan membuat kesalahan atau kekurangan-kekurangan yang Anda sebutkan di atas bisa diminimalisir, meski dengan tenaga kerja yang terbatas. Dengan begitu, secara bersamaan Anda juga mampu mengurangi komplain yang datang dari pelanggan terkait permasalahan pelayanan. Selain itu karyawan yang bekerja pada usaha cuci kiloan yang Anda jalankan juga akan merasa punya pedoman kerja yang baik sehingga dapat bekerja dengan tepat dan efisien.

Jika sewaktu-waktu ada karyawan Anda yang pindah dan Anda harus merekrut karyawan baru, Anda tidak terlalu pusing untuk mendidiknya kembali karena Anda sudah memiliki Standard Operating Procedure (SOP) yang jelas dan bisa dengan cepat dipelajari oleh para karyawan baru tersebut.

Nah demikian masukan dari Saya semoga bermanfaat dan selama mencoba. Sukses selalu untuk usaha cuci kiloan yang Anda lakukan.

 

Oleh: Bambang Suharno

Penulis Buku “Tujuh Cara Tidak Gila Jadi Pengusaha”

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.