Usaha Reparasi dan Modifikasi Kontainer

0
1588

 

Tebakan Anda bahwa usaha Reparasi dan Modifikasi Kontainer sangat menjanjikan memang tidak salah, karena untuk saya pribadi dalam setiap penjualan satu kontainer akan mendapatkan keuntungan kurang lebih mendapatkan 83% dari omset yang saya didapat setiap bulan, besarnya keuntungan tersebut betul pula didapat dari harga beli kontainer dan harga jual kontainer yang telah di modifikasi memiliki selisih harga yang cukup jauh.

Anda jangan senang dulu dan menganggap usaha ini mudah untuk dijalani. Karena untuk menjalankan usaha ini setidaknya Anda harus mengerti tentang dunia konstruksi. Namun jika Anda sudah menguasai hal tersebut, tentu usaha ini akan terasa mudah untuk di jalankan. Langkah awal yang harus dilakukan untuk memulai usaha ini tentunya ialah mempersiapkan modal usaha. Perlu diingat, harga satu buah kontainer yang cukup mahal membuat modal dalam membangun usaha ini cukup besar, setidaknya jika dilihat dari harga kontainer saat ini yang berkisar Rp 35 juta, maka Anda paling tidak harus memiliki modal sekitar Rp 50 juta.

Tetapi usaha ini juga bisa dijalankan dengan tanpa modal yaitu dengan mengandalkan uang muka konsumen untuk dijadikan modal dalam membeli kontainer. Namun dalam menjalankan cara tersebut dirasa sangat riskan di lakukan oleh para pemulan karena dengan cara ini Anda harus bisa menanamkan rasa kepercayaan kepada calon konsumen Anda.

Setelah memperiapkan modal, langkah berikutnya yang perlu Anda pahami dalam menjalani usaha ini yaitu pengadaan kontainer. Untuk pengadaan kontainer Anda dapat mencarinya dan membelinya dari beberapa depo yang tersebar di Indonesia, contohnya untuk wilayah Jakarta Anda bisa mendapatkannya dari beberapa depo kontainer yang terdapat di daerah Cilincing dan Tanjung Priuk, Jakarta Utara, sedangkan untuk di Bandung ada dapat mencari dari beberapa depo kontainer di Gede Bage, Bandung.

Setelah menemukan depo kontainer, Anda juga harus bisa menelaah harga kontainer serta kontainer yang akan digunakan. Untuk jenis kontainernya sendiri, biasanya menggunakan kontainer bekas bukan kontrainer baru. Dan karena kontainer yang di gunakan dalam kondisi bekas pakai inilah, membuat Anda dituntut untuk bisa memilih kontainer yang akan digunakan. Sebagai contoh Saya bisanya menggunakan kontainer bekas dengan kondisi 30 – 25% layak pakai, dengan ukuran kontainer standar 40 sheat dengan panjang 12 meter dan 20 sheat dengan panjang 6 meter

Setelah mendapatkan depo dan mampu memilih kontainer, langkah selanjutnya yang perlu ada pahami adalah pengadaan tenaga kerja. Dalam pengadaan tenaga kerja atau karyawan bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama dengan menggunakan pekerja tetap dan yang kedua dengan menggunakan pekerja pemborong, bagi Anda yang baru memulai sebaiknya menggunakan jasa tenaga kerja pemborong.

Opsi ini Saya berikan karena bagi Anda yang baru menjalankan usaha pesanan tidak akan datang setiap bulan, sehingga dengan menggunakan jasa pemborong Anda akan hanya mengeluarkan dana/gaji pada saat pengerjaan saja. Berbeda bila Anda menggunakan tenaga kerja sendiri yang harus mengeluarkan biaya setiap bulannya.

Modifikasi Kontainer. Usaha jasa ini sebetulnya sudah ada sejak lama, namun meski begitu pelaku usaha sejenis masih terbilang belum banyak dan peluangnya masih terbuka luas. Dalam usaha modifikasi kountainer ini biasanya pelaku usaha menawarkan beberapa jasa modifikasi di antaranya modifikasi kontainer untuk Rumah (Rumah Kontainer), Pos Keamanan Kontainer, Kantor Bersusun, Toilet Kontainer, DireksiKeet/ DireksiKit, Workshop Kontainers, Kitchen Kontainers, Toko Konainer dan masih banyak lagi yang lainnya atau dengan kata lain hampir setiap bangunan bisa dibangun dengan memodifikasi kontainer. Sedangkan modifikasi yang telah Saya buat diantaranya DireksiKeet/ DireksiKit dan ruangan kelas sekolah.

Untuk proses modifikasi sendiri biasanya dilakukan dalam beberapa tahap. Sebelum dimodifikasi, kontainer bekas yang baru di datangkan dari Depo dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian, dilanjutkan dengan proses perancangan bangun. Sekadar contoh, kontainer bekas untuk kantor dilengkapi dengan pintu dan jendela berbahan alumunium. Kemudian, dinding kontainer dilapis melamin, serta lantai keramik.

Kerangka dinding dan plafon besi Holo 4×4 / kayu meranti 4×6 cm, peredam menggunakan glass wool density ( anti panas dan bising ), lantai keramik/vinyl 30×30 cm, dinding polypaper lapis melamin motif serat berbagai model dan motif kayu, list penutup antar dinding aluminium omega, list sudut ruang dengan list profil dan list plank, Jendela sliding dengan pengaman dan Pintu utama 90×200 cm. Bila rancang bangun telah siap dan kontainer sudah sesuai dengan yang diinginkan makan kontainer siap di kirimkan kepada pemesan.

Dari Segi harga yang ditawarkan sebetulnya bervariasi tergantung kepada modifikasi yang akan dibuat. Semakin susah modifikasi yang dibuat maka akan semakin mahal pula harganya, selain itu semakin besar ukuran kontainer yang digunakan maka akan semakin mahal pula harga yang ditawarkan. Seperti contoh untuk modifikasi kontainer menjadi sebuah ruang kelas Saya tawarkan dengan harga sekitar Rp 300 juta.

Promosi Dalam mempromosikan usaha ini sebetulnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti misalnya dengan mempromosikannya melalui internet, namun untuk Saya pribadi saat ini belum menjalankan promosi tersebut. Adapun promosi yang Saya jalani lebih kepada penampakan kontainer modifikasi yang telah Saya buat, contohnya banyak beberapa calon pelangan Saya mengetahui tentang usaha yang Saya jalani ini berawal dari melihat modifikasi kontainer ruang kelas di sekolah master depok, adapun sisanya melihantnya dari modifikasi DireksiKeet/ DireksiKit yang digunakan beberapa perusahaan kontruksi. Dari segi prospek seperti yang Saya katakana sebelumnya, bahwa usaha ini sangat menjanjikan, namun akan semakin menjanjikan jika ada jeli dalam mempromosikan usaha ini dan mengembangkan usaha ini.

 

Oleh:  Bambang Susanto, Pemilik Usaha Reparasi dan Modifikasi Kontainer

Alamat. Jalan Cekrok, RT 001 RW 010, Jatirangga, Jatisampurna, Bekasi

Workshop. Jalan Gas Alam Raya. Kav. Melati Cimanggis Depok

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.