Membangun Kembali Usaha yang Bangkrut

0
641

 

Mengembangkan bisnis hanphone yang menurut Saya memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Namun jatuh bangun dalam usaha itu hal biasa. Berikut saya paparkan beberapa kiat agar kembali bangkit dari usaha handphone yang barngkrut:

Yang pertama adalah Anda harus bersabar. Apa yang Anda alami adalah suatu anugerah untuk menjadikan Anda lebih tangguh menghadapi tantangan usaha yang ada. Teruslah berupaya mengembangkan bisnis yang Anda jalankan tersebut, jika tidak, pengalaman yang selama ini akan sia-sia belaka, tak ada nilainya. Jika diteruskan dengan sikap mau belajar yang tinggi, Saya percaya di depan sana akan banyak orang yang mendukung Anda dalam menjalankan usaha Anda.

Berikutnya adalah, Anda pasti perlu dukungan orang lain, entah itu tenaga, pikiran dan modal. Untuk mendapatkan semua dukungan tersebut, jadilah Anda pribadi yang mudah dibantu. Pribadi yang mudah dibantu adalah pribadi yang gampang bergaul dengan orang lain, gampang membantu orang lain, jujur, dan punya cita-cita yang jelas. Cobalah Anda lihat, orang-orang yang banyak menyendiri, menyepelekan persahabatan, menyelepekan amanah orang, kelak akan sulit mendapat dukungan orang lain.

Dan jika Anda selalu katakan ke orang-orang yang tepat bahwa Anda akan mengembangkan bisnis Anda menjadi sebesar perusahaan tertentu (carilah contoh di daerah Anda yang cukup besar), para pendukung Anda akan bicara “Ohh, kamu ingin seperti itu ya, Saya bisanya membantu doa, membantu tempat yang murah, membantu mengenalkan dengan seorang pengusaha ini”, dan seterusnya. Dukungan seperti itu, akan datang. Percayalah. Dan tak usah kaget, kelak ada juga orang yang mencemooh. Abaikan saja mereka yang mencemooh Anda.

Peganglah komitmen bahwa Anda mau membayar utang. “Terburu-burulah kalau Anda membayar utang,” begitu kata Pak Ustad. Jadi jika ada uang, segeralah mencicil utang yang ada. Dengan begitu permasalahan Anda akan berkurang satu per satu.

Yang terakhir adalah proses pemasaran yang gencar. Sebisa mungkin, setiap hari lakukanlah tindakan yang memungkinkan bertambahnya pelanggan, misalkan menyebar brosur, datang ke kantor-kantor menawarkan jasa Anda, menelepon/kirim faks/email menawarkan jasa Anda kepada para calon pelanggan dan lain-lain.

Hasilnya pasti tidak instan dan membutuhkan proses yang panjang. Mungkin tahun depan baru akan terasa dampaknya. Tidak apa-apa, apalagi tempat bisnis Anda di rumah, tidak usah sewa tempat jadi hal tersebut bisa meringankan perjalanan usaha Anda.

Semoga apa yang Saya sampaikan bermanfaat untuk perkembangan usaha yang Anda jalankan. Salam sukses.

 

Oleh: Bambang Wahyu Purnomo,

Pengamat Wirausaha

Email: b_wahyu_purnomo@yahoo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.