Meneropong Usaha Souvenir Flash Disk Custom

0
427
Flash Disk Custom (dok Fastprint)
Pojok Bisnis

 

Usaha flash disk unik atau flash disk custom ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu dan jenis-jenisnya sangat bermacam-macam. Misalnya flash disk yang berbentuk kartu ATM, berbentuk gelang, logo, balpoin dan berbagai model lainnya, sesuai dengan permintaan.

Flash disk ini dibuat dengan berbagai macam bentuk dan dengan apa yang kita pesan, misalkan flash disk yang berbentuk kartu ATM. Flash disk ATM akan dibuat persis seperti kartu ATM hanya saja di bagian ujung kartu ATM tersebut ada flash disk-nya, hanya dibuat dalam bentuk kartu ATM dan tentunya tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi seperti kartu ATM pada umumnya.

Oleh Karena itu biasanya pelaku usaha flash disk ini dituntut untuk kreatif dan mengerti dunia desain. Karena itu biasanya yang menekuni dunia usaha ini adalah mereka-mereka yang memiliki keahlian dalam bidang desain atau gambar. Karena ketika ada orang yang memesan flash disk dengan model tertentu maka sebelum dibuat harus digambar dulu sesuai model yang diinginkan pemesan.

Top Mortar gak takut hujan reels

Karena dalam menjalankan usaha ini tidak memproduksi secara langsung flash disk yang ditawarkan, melainkan dengan cara memesan dari Hongkong, maka peralatan yang dibutuhkan juga hanyalah laptop atau komputer, dan alat-alat gambar karena ketika memesan flash disk custom tersebut kita pun harus memberikan model bentuk flash disk yang akan kita pesan dan sudah digambar.

Jika tertarik untuk menekuni usaha ini, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Hanya dengan modal kurang lebih Rp 3 juta saja, Anda sudah bisa menjalankannya. Modal tersebut dipergunakan untuk membeli kebutuhan peralatan seperti laptop atau komputer, dan alat-gambar. Namun modal tersebut belum mencangkup sewa tempat. Jika Anda ingin membukanya di mal atau pusat perbelanjaan tentunya dibutuhkan modal tambahan, tapi setidaknya dengan modal minimalis tersebut Anda sudah bisa menjalankan usaha di rumah.

Produk. Usaha flash disk custom ini memang tergolong usaha kreatif yang unik dan masih jarang orang ingin melakukannya. Kebanyakan orang pada umumnya yang menggeluti usaha flash disk custom ini miliki kesabaran tingkat tinggi, jiwa seni, dan ketekunan. Karena dalam proses desainnya, setiap bagian dibuat secara sedetail mungkin atau semirip mungkin tujuannya agar pesanan flash disk sesuai dengan yang diinginkan pemesan.

Biasanya flash disk yang di pesan sangat beragam jenis dan bahannya, mulai dari bahan kulit, karet, palstik dan kayu. Adapun untuk kapasitas flash disk bisa ditawarkan sangat bervariasi, mulai dari 2GB, 4GB, 8GB dan 16GB. Harga yang di tawarkan pun bervariasi dari Rp 110 ribu hingga Rp 200 ribu tergantung tingkat kesulitan model pesanan dan kapasitas flash disk. Model-model flash disk terbaru biasanya lebih mengikuti perkembangan tren-trennya.

Produk ini dinilai unik karena dibuat sacara handmade dan sangat diminati oleh kalangan remaja, mahasiswa, dan pegawai kantoran. Karena tidak diproduksi secara massal, tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi pelaku usaha di Indonesia karena harga jual produk ini bisa jauh lebih tinggi.

Proses Pengerjaan. Untuk proses dalam menjalankan usaha ini langkah pertama persiapkan terlebih dahulu semua peralatan atau perlengkapan menggambar seperti kertas, balpoin, penggaris atau laptop dan komputer yang akan digunakan untuk mendesain gambar. Setelah semuanya lengkap, langkah selanjutnya adalah proses penggambaran model flash disk yang sudah dipesan dengan menggunakan peralatan yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Misalanya ketika seseorang memesan flash disk berbentuk gendang, maka proses pertama adalah dengan menggambar bentuk gendang terlebih dahulu dan apabila proses penggambaran bentuk gendang sudah selesai maka proses selanjutnya adalah menggambar kembali dengan menggunakan komputer. Dan apabila sudah selesai sebaiknya hasil gambar yang sudah dipesan perlihatkan terlebih dahulu pada pemesan, apakan model yang sudah digambar itu benar-benar sesuai yang diinginkan.

Karena dalam membuat flash disk ini membutuhkan peralatan canggih dan tentunya sangat mahal maka kita hanya bisa membuat desain casing-nya saja dan untuk pengerjaan diserahkan ke produsen flash disk yang ada di Hongkong.

Karena pemesanannya jauh dan selama ini baru Hongkong yang dianggap mampu memproduksinya dengan sistem custom, maka jumlah pesanannya pun biasanya menggunakan jumlah minimal yakni paling sedikit 200 pcs. Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha ini dan belum mendapatkan channel produsen yang ada di Hongkong, maka kami siap membantu.

Pemasaran. Dalam memasarkan flash disk custom ini pertama kali biasanya dengan menawarkan produk kepada teman-teman sekitar dan memberikan penjelasan tentang produk-produk yang ditawarkan. Dan untuk sistem pemesanan harus dibuat sesederhana mungkin dan tidak menyulitkan calon pembeli dalam proses pembeliannya.

Misalnya pemesanan bisa dilakukan dengan cara telepon, SMS, atau email. Pesanan dari luar kota biasanya diberlakukan pembayaran di muka dengan sistem DP atau pembayaran full sekaligus ongkos kirim untuk menghindari risiko penipuan.

Selain itu, bisa juga dengan mengikuti pameran-pameran seperti pameran kerajinan seperti yang biasa diadakan di JCC Jakarta dan tempat-tempat lainnya. Dengan begitu produk yang ingin dijual dapat dikenal banyak orang. Namun, ada yang harus diingat pula, karena sekarang zaman yang serba modern perlu juga memanfaatkan media internet untuk dijadikan tempat pemasaran.

Kendala dan Prospek. Selama ini, kendala yang sering dihadapi dalam menjalankan usaha flash disk custom ini biasanya pada proses membuat desain, hal itu karena dibutuhkan ketelitian yang luar biasa agar flash disk yang dipesan benar-benar sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen sehingga tidak menyebabkan kerugian bagi kedua belah pihak.

Melihat minimnya pelaku usaha flash disk custom membuat prospek usaha di bidang flash disk ini sangat bagus ke depannya. Selain karena fungsinya yang sangat bermanfaat untuk menyimpan dokumen-dokumen penting, juga bisa dijadikan aksesoris. Bagi pemula yang masih awam dalam bidang usaha kreatif jangan pernah takut untuk menjalankannya karena segala sesuatu bisa dilakukan ketika kita mempunyai semangat yang besar untuk belajar dan kemauan yang besar.

 

Rasyid (Produk Promosi Flash disk)

Jl. Kramat Asem, Gg.Rasamala II No.56

Rt/Rw 008/06   Utan Kayu Selatan

Matraman Jakarta Timur 13120

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.