Cara Membuat dan Memasarkan Tas Multifungsi

0
184
Tas multifungsi (dok kwtas.com)

 

Sebagai tempat untuk menyimpan berbagai macam barang saat bepergian menjadikan tas sangat dibutuhkan. Jika dahulu satu macam tas hanya bisa digunakan untuk satu macam aktivitas maka dengan sedikit kreativitas, satu tas kini bisa digunakan untuk berbagai aktivitas seperti untuk bepergian dan sekaligus sebagai tas sekolah atau kuliah, karena model dan bentuk yang dibuat mengakomodir dua fungsi tersebut. Modifikasi yang dilakukan terutama pada tali tas yang bisa diubah dari tas selempang menjadi tas punggung. Tentu saja tas multifungsi seperti ini sangat efisien biaya dan modis, sehingga banyak diminati.

Tas Multifungsi. Tas multifungsi bisa diubah menjadi beragam bentuk sesuai keinginan konsumen mulai dari tas selempang, tas bahu, hingga tas ransel. Tas selempang memiliki ciri tali tas yang panjang pendeknya dapat diatur sesuai keinginan. Untuk mengatur tali tas ini konsumen hanya tinggal mengatur ring pada tali tas. Lalu ada tas tas bahu atau tas pinggir, yang cukup menggantungkan di bahu, tas ini cocok dibawa saat bersantai. Dan tas ransel atau tas punggung, dengan ciri paling mencolok yaitu strap ganda di satu sisi luar dan bagian dalam. Tas ini nyaman sekali dipakai karena beban bawaan akan rata didistribusikan ke seluruh tubuh. Cara menggunakannya yaitu dengan cara digendong dengan kedua tangan masuk ke dalam strap.

Untuk mendukung fungsinya yang beragam, tentu saja model dan desain tas harus dibuat sesuai dengan fungsi tersebut. Selain itu, penting memperhatikan pilihan motif yang akan dipakai. Ambil motif yang paling umum seperti motif yang berhubungan dengan alam, sebut saja misalnya burung hantu, beruang, pepohonan dan lain sebagainya. Dari segi harga, meskipun fungsinya beragam, desain dan modelnya unik, namun harga yang ditawarkan masih terjangkau, sekitar Rp 70 ribu, karena bahan baku tidak mahal dan mudah didapat, cara pembuatannya pun mudah.

Cara Membuat. Membuat tas multifungsi ini tidaklah sulit, karena yang dibutuhkan hanyalah keahlian menjahit saja. Langkah awal untuk membuat tas tersebut ialah menyediakan peralatan yang dibutuhkan seperti mesin jahit dan perlengkapan jahitnya seperti gunting, kapur jahit, benang jahit, penggaris dan kertas pola, serta bahan yang akan digunakan. Adapun bahan-bahan tas yang dapat digunakan bisa bahan jeans, katun, dan kanvas.

Jika semua peralatan dan bahan telah siap, langkah selanjutnya membuat pola tas di atas bahan. Buatlah dua pola tas berbentuk persegi panjang dengan ukuran sesuai dengan keinginan sebagai contoh panjang 27 cm dan lebar 19 cm. Lalu buat pola tali tas dengan ukuran sesuai yang diinginkan atau bisa pula berukuran 8 cm lapis dua, karena tali tas merupakan unsur penting. Selain mudah diubah, tali menjadi lebih kuat pada saat tas digunakan untuk membawa beban yang berat. Selanjutnya jahit kantong tas terlebih dahulu baru menyusul tali tas yang kemudian digabungkan dengan jahitan.

Namun, jika tidak mempunyai keahlian dalam menjahit, Anda bisa memaklonkan proses penjahitan kepada pihak lain. Jasa usaha makloon saat ini begitu banyak dan mudah dicari, salah satunya yang terdapat di daerah Bogor yaitu Rahmat Ciamis Busana di Puri Nirwana 1 Jalan Prambanan VIII Blok HH No 17 RT 12 RW 16 Cikaret Kabupaten Bogor.

Sedangkan modal usaha untuk membangun usaha ini tidak terlalu besar. Sebagai contoh, untuk membuat tas Heejou buatan kami diawali dengan modal hanya sebesar Rp 500 ribu. Pada awal-awal merintis usaha sebaiknya calon pelaku usaha tidak terlalu memaksakan membeli bahan yang terlalu banyak sebagai proses trial and error. Peralatan pun tidak harus yang baru, seperti mesin jahit bisa memebeli mesin bekas yang harganya terjangkau.

Promosi. Banyak cara untuk mempromosikan dan memasarkan tas multifungsi ini. Yang paling lazim adalah melalui internet, atau dapat pula memasarkan dengan cara membuka gerai di salah satu lokasi yang ramai seperti mal. Selain itu, sistem reseller, keagenan dan distributor bisa diterapkan. Cara tersebut cukup efektif, mengingat dengan membuka sistem pemasaran kemitraan, biasanya pembeli tidak hanya membeli satu produk tetapi juga bisa banyak produk. Apalagi, pemasaran dengan cara distributor pembeli bisa membeli sampai satu kodi atau lebih sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

Prospek. Adapun prospek usaha ini sangat menjanjikan, hal tersebut dilihat dari minat pembeli tas tersebut. Dengan fungsinya yang beragam yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas menjadikan tas ini banyak dicari. Selain itu desain tas yang unik membuat tas ini tetap trendy dan bisa digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Untuk Heejou sendiri dalam sebulan mampu menjual sebanyak 2.500 pcs dengan omset mencapai ratusan juta rupiah. Dan pangsa pasar tas multifungsi ini sudah menyebar hingga seluruh Indonesia.

 

Oleh: Nisa Rahmania

Pemilik Tas Heejou

Jalan Dramaga 7 no 45 Bogor, Jawa Barat, Indonesia

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.