Fotokuunik Jagonya Karikatur Digital  Mirip Wajah Asli

0
298
Karikatur (dok fotokuunik.com)

 

Saat ini semakin banyak orang yang ingin memberikan kenang-kenangan yang berbeda dari biasanya dan dapat dikenang sepanjang masa. Salah satu yang cukup diminati saat ini adalah karikatur digital. Melihat hal itu, Ery Setiawan tertarik mencoba  membuat karikatur digital. Oleh sebab itu, pria yang akrab disapa Ery ini mulai berpikir untuk membuat sebuah usaha yang berhubungan dengan karikatur digital menggunakan media komputer.

“Kalau manual kan sudah biasa. Nah, saya ingin memberikan sentuhan modern dengan membuat karikatur digital, selain itu cara membuatnya tidak serumit karikatur manual,” terangnya.

Modal awal  yang dikeluarkan Ery ketika memulai usaha karikatur digital sebesar Rp 15 juta. Modal tersebut digunakan untuk membeli dua set komputer, mesin printing dan peralatan lain. Ery tidak perlu menyewa bangunan atau ruko untuk operasional usaha karena ia cukup menempati salah satu ruangan di rumahnya sebagai ruang kantor atau yang ia sebut digital workshop.

Ragam Layanan

Demi memanjakan pelanggan, Ery selalu berkreasi dalam memberikan karya karikatur digital. Tarif jasa karikatur digital yang ditawarkan Ery cukup beragam. Karikatur 1 wajah orang Rp 200 ribu, 2 wajah orang Rp 250 ribu per wajah, karikatur 3-5 wajah orang Rp 100 ribu per wajah dan 6-10 orang Rp 85 ribu per wajah.

Harga akan semakin murah apabila memesan lebih banyak karakter wajah orang. Untuk 11-20 orang akan dikenakan tarif Rp 70 ribu per wajah dan 20-30 wajah orang Rp 60 ribu per wajah. Sedangkan karikatur lebih dari 30 orang Rp 50 ribu per wajah.

Ery juga menawarkan layanan pembuatan mozaik, siluet, dan sketsa. Mozaik merupakan pembuatan foto menggunakan kepingan-kepingan foto yang disusun menjadi sebuah gambar, atau sosok utama.

Ery membutuhkan satu foto utama dan setidaknya 30 foto lainnya sebagai elemen mozaik. “Bahkan lebih banyak foto lebih baik,” jelasnya. Harga yang ditawarkan dalam pembuatan mozaik Rp 150 ribu per desain.

Jasa lain yang ditawarkan Ery adalah foto siluet, dengan tampilan foto berupa siluet hitam putih di atas background puluhan foto yang berukuran kecil dan tersusun secara overlapping satu sama lain. Tarif yang diberikan oleh Ery untuk jasa pembuatan siluet ini Rp 100 ribu per desain.

Kelebihan

Fotokuunik menurut Ery memiliki kelebihan dari segi kemiripan objek dengan gambar dalam karikatur digital. ”Secara detail memang agak rumit tapi di situlah ciri khasnya Fotokuunik. Saya selalu menerima revisi dari pelanggan sebelum finishing agar detail-detail yang diinginkan oleh pelanggan bisa dibuat sebagus mungkin,” ujarnya bangga.

Pria lulusan S1 Teknik Pertanian UGM Yogyakarta ini juga selalu memberikan draft gambarnya kepada pelanggan agar bisa dilakukan revisi apakah ada kekurangan atau ada kelebihan detail. Apabila sudah di-approve, barulah ia mengerjakan pewarnaan dan menggambar konsep yang sudah ditentukan pemesan.

Strategi Pemasaran

Dari awal memulai usaha hingga sekarang, Ery mempromosikan melalui blog dan Kaskus. ”Saya hampir tidak pernah bertemu dengan pelanggan-pelanggan saya karena sebagian besar memesan melalui telepon ataupun email. Mungkin hanya beberapa yang mengunjungi tempat saya karena ingin melihat hasil-hasil kerja saya,” jelasnya.

Pria yang memiliki hobi traveling ini menawarkan jasa Fotokuunik yang menyasar berbagai kalangan, namun kebanyakan pelanggan Fotokuunik berasal dari corporate atau perusahaan. Kebanyakan karya-karya yang dipesan digunakan untuk kenang-kenangan kepada karyawan, atau pajangan di kantor.

Dengan kreativitas desain yang menarik, membuat Ery selalu kebanjiran order setiap bulan sekitar 30-50 desain karikatur, dengan omset mencapai Rp 40 juta. Selain itu, karya-karya miliknya bukan hanya dibeli oleh pelanggan dari Jakarta saja, namun sudah menyebar hingga ke luar Jakarta.

Prospek Usaha

Usaha jasa pembuatan karikatur secara digital ini menurut Ery prospeknya akan semakin berkembang pesat. Ia melihat saat ini sudah cukup banyak pelaku-pelaku usaha baru dan sudah pasti persaingan akan semakin pesat. Namun ia tidak khawatir dan menyerahkan semuanya kepada pelanggan yang telah banyak menggunakan jasanya.

Walaupun banyaknya pesaing, Ery tetap konsisten dengan ciri khas yang dimilikinya, yaitu membuat karakter pada karikatur digital mirip dengan aslinya. Ery juga akan tetap memperluas wawasan tentang konsep-konsep karikatur digital yang harus dibuat, agar hasil karyanya tidak monoton dan selalu dinamis kedepannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.