Peningkatan Penggunaan Home Charging Services PLN Buktikan Minat Tinggi Kendaraan Listrik

0
354
Home Charging Services PLN
Peningkatan Penggunaan Home Charging Services PLN Buktikan Minat Tinggi Kendaraan Listrik
Pojok Bisnis

PT PLN (Persero) mencatat peningkatan yang signifikan dalam realisasi layanan home charging services, menunjukkan bahwa minat masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik semakin meningkat.

Pada semester pertama tahun 2023, jumlah pelanggan yang menggunakan layanan home charging services mencapai 1.933 pelanggan, mengalami kenaikan sebesar 119,4% dari total 881 pelanggan pada tahun 2022.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN, menyatakan bahwa jumlah pelanggan yang menggunakan layanan home charging services terus mengalami peningkatan selama periode semester pertama ini. Data menunjukkan bahwa dari bulan Januari hingga Juni 2023, sebanyak 1.052 pelanggan telah memasang home charging services.

“Perkembangan pesat ini merupakan sinyal positif bagi pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia. Masyarakat semakin menyadari manfaat menggunakan kendaraan listrik,” ujar Darmawan.

PT Mitra Mortar indonesia
Penggunaan Tenaga Listrik dari Home Charging Meningkat

Beliau juga menambahkan bahwa penggunaan tenaga listrik dari home charging meningkat secara drastis dari 91 MWh di Juni 2022 menjadi 960 MWh sejak Januari hingga Juni 2023. Hal ini menjadi bukti bahwa ekosistem Electric Vehicle (EV) semakin populer dan terus berkembang di kalangan masyarakat.

“Dengan semakin masifnya penggunaan EV di masyarakat, saatnya kita beralih ke energi bersih. PLN akan terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik, sejalan dengan misi pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060,” tuturnya.

Peningkatan jumlah pelanggan ini juga didukung oleh adanya layanan Electric Vehicle Digital Services (EVDS) yang telah diperkenalkan di tengah masyarakat. Selain itu, layanan EVDS yang tersedia di PLN Mobile memudahkan pelanggan dalam tambah daya, pemasangan baru, dan pembelian kendaraan listrik.

Darmawan menyatakan bahwa kehadiran layanan ultra-fast charging yang telah tersebar di seluruh Indonesia, melalui SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) dan SPBKLU (Stasiun Pengisian Baterai Kendaraan Listrik Umum), semakin meningkatkan mobilitas pelanggan kendaraan listrik (EV). PLN telah menetapkan target untuk memiliki 1.000 unit SPKLU dan 1.500 unit SPBKLU pada akhir tahun 2023.

Untuk meningkatkan minat masyarakat, PLN menawarkan beragam promo menarik bagi pelanggan hingga akhir tahun. Salah satu di antaranya adalah pemasangan layanan home charging secara gratis, serta diskon tarif sebesar 30% untuk pengisian daya mobil listrik pada rentang waktu pukul 22.00 hingga 05.00.

Dengan adanya peningkatan layanan home charging services dan berbagai promo menarik dari PLN, diharapkan minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik akan terus meningkat dan berkontribusi pada upaya mencapai target Net Zero Emission di masa depan.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan