4 Tips Memilih Bisnis yang Tepat Bagi Pemula

0
205
Cara memulai usaha (dpk jurnal.id)

Ketika ingin membuka bisnis, banyak orang akan memikirkan

Bisnis jenis apa yang harus dibuka?
Bisnis jenis apa yang kita bisa lakukan dengan keadaan kita yang sekarang?
Bisnis jenis apa yang dibutuhkan orang banyak?Pertanyaan-pertanyaan diatas muncul ketika awal membuka bisnis bagi pengusaha pemula.

Banyak dari pebisnis yang sudah membuka bisnis tidak mengerti bahkan tidak menikmati apa yang sedang dijalaninya dikarenakan ketika memilih jenis bisnis yang akan dibuka hanya ikut-ikut saja.

Oleh karena itu, entrepreneurID akan berbagi mengenai tips memilih jenis usaha yang akan dimulai agar yang masih bingung mau buka bisnis apa dapat menemukan bisnis yang cocok untuk dirinya.

Pertama, Skill Yang Dimiliki
Ketika ingin memulai membuka bisnis, ketahuilah skill apa yang kita miliki. Mengetahui skill yang kita miliki dapat membantu kita memilih jenis bisnis yang cocok untuk kita.

Jika kita mempunyai skill dalam IT, maka bisa membuat usaha-usaha yang berbasis aplikasi seperti startup maupun bisnis-bisnis lainnya. Juga ketika mempunyai skill dalam dalam kepemimpinan, bisa dengan membuka usaha pelatihan softskill atau leadership.

Kedua, Koneksi
Yang kedua adalah koneksi yang kita miliki. Jika kita berteman dengan teman-teman yang mempunyai skill dalam memproduksikan suatu barang namun gagal dalam menjual produk tersebut, kita bisa bekerjasama dengannya dalam hal pemasaran. Contohnya adalah pendiri keripik maichi, Reza Nurhilman.

Reza Nurhilman bekerja sama dengan produsen keripik singkong yang ada di Bandung lalu membantu memasarkannya. Sampai dengan sekarang, keripik maichi merupakan salah satu bisnis keripik yang terbesar ada di Indonesia.

Lihatlah disekitar kita, banyak sekali penjual-penjual yang menurut kita produknya enak namun sepi dengan pembeli. Kita bisa bekerjasama dengan mereka dengan bagi hasil yang telah didiskusikan bersama.

Ketiga, Hobi Yang Dimiliki
Hobi bisa menjadi sumber dari inspirasi bisnis kita. Contoh Jika kita hobi dalam memelihara hewan, kita bisa membuat peternakannya maupun membuka toko hewan.

Jika kita suka berolahraga maupun suka dengan salah satu club olahraga tertentu, kita bisa membuka usaha merchandise dari club olahraga tersebut.

Selain menghasilkan uang, tentu saja berbisnis sesuai hobi dapat membuat apa yang kita jalani dalam bisnis terasa sangat menyenangkan.

Keempat, Yang Dibutuhkan Oleh Orang Banyak
Perhatikan sekitar kita, apa yang dibutuhkan oleh orang banyak? Ketika kita tau apa yang dibutuhkan oleh orang banyak maka kita bisa menyediakan apa yang orang lain butuhkan untuk dijadikan jenis bisnis yang akan kita jalani.

Salah satu perusahaan yang terinspirasi dari hal tersebut adalah Gojek. Sekarang siapa yang tidak kenal Gojek. Bahkan hampir dari kegiatan kita sehari-hari terbantu dengan adanya Gojek.

Gojek didirikan oleh pengusaha yang bernama Nadiem Makarim. Nadiem meilihat banyak orang-orang yang terjebak macet maupun kesuahaan ketika mencari kendaraan umum.

Oleh karena itu Nadiem membuat sebuah aplikasi yang membantu masyarakat agar dapat dengan mudah menemukan kendaraan umum untuk dapat bepergian.

Dalam membuka bisnis dan menjalaninya banyak hal-hal yang akan terjadi. Mulai dari susahnya mendatangkan pelanggan sampai dengan system keuangan yang tidak jelas.

Oleh karena itu penting menimati apa yang sedang dijalani sekarang agar tidak ada perasaan terpkasa dalam menjalaninya. Karena sesuatu yang dijalani dengan terpaksa pasti hasilnya berbeda ketika menjalani dengan senang dan menikamtinya.

Semoga sharing diatas dapat bermanfaat untuk menemukan bisnis yang akan dibuka kedepannya.

Oleh: Tim entrepreneurID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.