Elevated Tol Jakarta-Cikampek II Rampung, Ekonomi Karawang Makin Menggeleliat

0
2042
Tol Cikampek II (dok finroll.com)

 

Pembangunan sejumlah proyek infrastruktur besar yang sedang berlangsung di wilayah timur Jakarta dalam waktu dekat akan segera dapat dinikmati oleh masyarakat. Hal ini seiring rampungnya pembangunan sejumlah proyek infrastruktur yang telah dimulai sejak dua tahun terakhir seperti jalan Elevated Tol Jakarta-Cikampek II.

Elevated Tol Jakarta-Cikampek II, misalnya. Menurut PT Jasa Marga (Persero) Tbk selaku penanggung jawab pembangunan jalan tersebut menargetkan konstruksi jalan tol Layang Jakarta-Cikampek II bisa selesai pada September 2019, dengan demikian diharapkan pada akhir tahun nanti masyarakat sudah dapat melewati jalan tersebut.

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II yang membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat sendiri merupakan jalur alternatif bagi pengguna jalan tol yang akan menuju ke Cikampek maupun Bandung. Ruas tol ini juga dapat menunjang distribusi arus barang dan jasa, baik yang menuju maupun keluar Jakarta dari Jawa Barat, dan berlanjut dari atau ke Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Yang menarik, selain meningkatkan kapasitas kendaraan yang melintas dan mempercepat waktu tempuh perjalanan ke wilayah Jawa, beroperasinya jalan tol ini nantinya juga semakin mempersingkat jarak tempuh ke beberapa wilayah di timur Jakarta, salah satunya Karawang. Nantinya, Jakarta – Karawang hanya akan ditempuh kurang dari satu jam saja, dimana titik akhir dari elevated tol ini adalah Karawang.

Tak hanya masyarakat, sejumlah pelaku usaha turut optimis jika keberadaan proyek Elavated Tol akan memberikan dampak positif bagi perekonomian sekitar, tak terkecuali Kota Karawang yang menjadi titik akhir dari jalan tol dan pemberhentian kereta cepat. Meskipun, bila ditilik secara makro, pertumbuhan ekonomi Karawang memang sudah cukup stabil bahkan berada di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional sejak beberapa tahun terakhir.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.