Pilih Waralaba yang Sudah Teruji dan Tahan Banting

0
128
Usaha es krim (dok usahakuliber.id)

 

Bila dilihat di lapangan, perkembangan usaha es krim saat ini sedang ramai. Karena memang kuliner dengan bahan baku susu ini selain memiliki rasa yang enak, menyegarkan juga menyehatkan untuk tubuh. Dengan berbagai inovasi yang dilakukan oleh para pelaku usaha es krim membuat usaha yang satu ini memiliki tren tersendiri.

Salah satu inovasi yang dilakukan oleh pelaku usaha baik yang menjalankan usaha waralaba maupun kemitraan lainnya yaitu dengan membebaskan konsumen untuk memilih topping yang mereka inginkan. Selain itu dengan menampilkan produk es krim yang belum ada di pasaran membuat banyak konsumen yang akan merasa penasaran sehingga mencicipi produk yang ditawarkan. Karena kecenderungan konsumen saat ini menyenangi sesuatu yang unik dan berbeda.

Hal lain yang perlu diperhatikan calon Mitra waralaba adalah latar belakang dan kredibilitas Pewaralaba. Berapa lama Pewaralaba menggeluti usahanya, paling tidak pilih Pewaralaba yang sudah berpengalaman selama lima tahun dan brand yang telah cukup dikenal masyarakat serta tahan banting. Karena dengan pengalaman tersebut diharapkan Pewaralaba mampu membimbing Terwaralaba menjalankan dan mengembangkan usahanya.

Minimal Pewaralaba telah menjalankan usahanya selama 3-5 tahun sebelum mewaralabakan usahanya. Dengan durasi tersebut Pewaralaba pasti sudah memiliki cukup pengalaman menjalankan usaha es krim yang bisa ditularkan kepada Terwaralaba dalam menghadapi berbagai masalah yang mungkin terjadi. Selain itu tentu brand milik Pewaralaba sudah lebih dikenal masyarakat dibanding ketika baru memulai usaha, tentu ini menjadi nilai plus bagi Pewaralaba dalam menjaring Terwaralaba.

Meski demikian, usaha es krim memang memiliki potensi pasar yang besar serta memiliki prospek yang cerah. Selain itu pasarnya masih terbuka lebar, terutama pangsa pasar di daerah yang masih belum tergarap. Namun sekarang mulai banyak pelaku usaha es krim yang melirik pangsa pasar di daerah.

Sementara pangsa pasar usaha ini sangat beragam, atau boleh dibilang semua kalangan bisa menjadi pangsa pasar yang potensial, karena hampir semua orang dari semua kalangan menyukai es krim. Yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan harga dengan pasar yang dituju, lokasi usaha, dan tentu juga diikuti kualitas produk. Salah satu lokasi yang sangat potensial menjual es krim ini adalah tempat-tempat yang biasa dipakai kongkow atau hangout anak-anak muda atau keluarga.

 

Oleh: Burang Riyadi, Pengamat Waralaba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.